RS Khusus Jantung, Otak dan Kanker di Sulsel Beroperasi Juli 2024

Pasien dari Indonesia Timur tidak perlu berobat jauh ke Jawa

Makassar, IDN Times - Rumah Sakit UPT Vertikal yang dibangun di Makassar, Sulawesi Selatan, akan mulai beroperasi tahun ini. Rumah sakit yang khusus menangani penyakit otak, jantung, dan kanker (OJK), ini siap beroperasi pada Juli 2024.

Dalam agenda Refleksi Konsolidasi Program Kerja RS Vertikal Tahun 2024, di Hotel The Rinra Kota Makassar, Sabtu (20/1/2024), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan rumah sakit ini dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan dengan kualitas terbaik untuk Indonesia Timur. Dia juga mengapresiasi desain dan lokasi rumah sakit tersebut.

"Ini rumah sakit vertikal (Makassar), cocoknya, pemilihan lokasi dan pemandangannya juga," kata Budi.

Baca Juga: Cek Pelayanan, Menkes Kunjungi Tiga Rumah Sakit di Makassar

1. Mengurangi beban antrean layanan di wilayah Jawa

RS Khusus Jantung, Otak dan Kanker di Sulsel Beroperasi Juli 2024Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin meninjau lokasi RS UPT Vertikal di Makassar, Sabtu (20/1/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, yang juga hadir dalam agenda tersebut berharap rumah sakit ini dapat mengurangi beban antrian layanan jantung, kanker dan stroke di wilayah Jawa. Hal ini sekaligus juga memperluas jangkauan layanan dalam skala Nusantara. 

"Di Sulsel juga saat ini sedang berlangsung pembangunan RS UPT Vertikal di Makassar, yang didesain untuk dapat memberikan layanan komprehensif utamanya penyakit katastrofik secara paripurna (diagnostik, terapetik dan rehabilitatif) sekaligus diciptakan untuk bersaing dengan rumah sakit lain di Kawasan Asia," jelasnya.

2. Pemprov siap dukung kebijakan di bidang kesehatan

RS Khusus Jantung, Otak dan Kanker di Sulsel Beroperasi Juli 2024Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Bahtiar mengatakan Sulsel sebagai pintu Indonesia Timur berarti menjadi akses ke Sulawesi, Maluku dan Papua. Dengan hadirnya RS UPT Vertikal maka sejatinya memperbaiki bidang kesehatan di Sulsel yang berarti memperbaiki Indonesia. 

"Tugas kami semua, Pemerintah Provinsi Sulsel dan kabupaten/kota siap mendukung sepenuhnya kebijakan Bapak Menteri Kesehatan di bidang kesehatan," ucapnya.

3. Masyarakat tidak perlu berobat jauh ke Jakarta

RS Khusus Jantung, Otak dan Kanker di Sulsel Beroperasi Juli 2024Ilustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

RS UPT Vertikal sendiri telah dibangun sejak awal tahun 2023 lalu. Peletakan batu pertama atau groundbreaking di lokasi yakni di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) dilaksanakan pada 31 Januari 2023.

Pembangunan rumah sakit ini tentu menjadi kabar baik untuk masyarakat. Selama ini, angka pasien untuk stroke, jantung dan kanker tergolong tinggi sedangkan fasilitas pengobatannya masih terbatas. 

Jika resmi beroperasi, maka RS UPT Vertikal ini bukan hanya rumah sakit untuk masyarakat Kota Makassar melainkan untuk kawasan Indonesia Timur. Dengan begitu, masyarakat yang berasal dari Indonesia Timur tidak perlu jauh-jauh lagi untuk berobat ke Jakarta.

Baca Juga: Anak-anak Pengungsi Banjir di Makassar Dapat Trauma Healing 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya