Rekonstruksi Ruas Jalan Antang Raya Masuki Tahap Lelang

Alokasi anggaran rekonstruksi jalan senilai Rp7 miliar

Makassar, IDN Times - Ruas Jalan Antang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan segera direkonstruksi. Kondisi jalan itu rusak berat karena beberapa lubang sehingga membahayakan pengendara.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pun mulai menyiapkan tahapan-tahapam rekonstruksi. Saat ini, rekonstruksi ruas jalan tersebut memasuki tahapan lelang untuk menentukan siapa yang akan menjadi pelaksana pekerjaan.

"Iya, sudah tahap lelang. Semoga berjalan lancar, sehingga segera dikerjakan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Astina Abbas, dalam siaran persnya, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Bakal Dibeton

1. Alokasi pagu senilai Rp7 miliar

Rekonstruksi Ruas Jalan Antang Raya Masuki Tahap LelangIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Rekonstruksi ruas Jalan Antang memasuki tahap lelang setelah bagian jalan yang rusak telah diukur. Kemudian, detailed engineering design (DED) juga telah selesai dibuat.

Ruas Jalan Antang dilelang dengan alokasi pagu senilai Rp7 miliar. Rencananya, pemenang lelang akan menangani jalan yang rusak berat dengan pengerasan betonisasi atau rigid mulai dari perempatan Pannara di Jalan Borong Raya hingga Jalan Tamangapa Raya.

Selain rekonstruksi jalan, sistem drainase ruas Jalan Antang juga akan diperbaiki.

2. Rekonstruksi dikerjakan berharap

Rekonstruksi Ruas Jalan Antang Raya Masuki Tahap LelangPengukuran ruas jalan rusak di Jalan Antang Raya Makassar, Selasa (31/5/2022). Humas Pemprov Sulsel

Sebelumnya, Dinas PUTR menilai perbaikan jalan dengan teknik betonisasi akan lebih tahan lama dan menyerap air. Pasalnya, kondisi ruas jalan rusak di Antang selalu tergenang karena sistem drainase buruk. 

"Kita beton jalannya, kita perbaiki dulu elevasi drainasenya kiri kanan," kata Astina melalui telepon, Rabu 1 Juni 2022 lalu.

Rekonstruksi ruas Jalan Antang Raya yang rusak akan dikerjakan bertahap. Untuk tahun ini, Dinas PUTR janya fokus pada pengerjaan jalan rusak saja sedangkan rekonstruksi keseluruhan baru akan dianggarkan pada tahun 2023.

3. Kondisi jalan rusak memprihatinkan

Rekonstruksi Ruas Jalan Antang Raya Masuki Tahap LelangKondisi jalan berlubang di Jalan Antang Raya Makassar, Kamis (26/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Kondisi di salah satu ruas Jalan Antang Raya itu memang sudah sangat memprihatikan. Jalan itu rusak dan berlubang yang mengakibatkan kubangan saat hujan.

Kondisi jalan rusak membahayakan pengendara, utamanya ketika hujan turun. Sistem drainase yang buruk membuat air tidak dapat mengalir sehingga menimbulkan genangan. 

Kondisi diperparah dengan lubang di beberapa bagian bahkan ada yang cukup dalam. Jika hujan, lubang tersebut tertutup air sehingga membuat pengendara harus ekstra hati-hati karena mereka tidak bisa melihat lubang.

Baca Juga: Foto 6 Legislator DPRD Sulsel Dipajang di Antara Jalan Rusak Antang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya