Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Makassar Baru 50 Persen

Baru dua kecamatan rampungkan rekapitulasi

Makassar, IDN Times - Progres rekapitulasi suara pemilu tingkat kecamatan di Kota Makassar masih terus berjalan. Hingga Sabtu (24/2/2024), progresnya baru setengah rampung pada total 15 kecamatan.

"Sudah lebih dari 50 persen yang sudah selesai," kata Komisioner KPU Makassar, M. Abdi Goncing saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (24/2/2024).

Baca Juga: PSU, TPS di Makassar Lebih Sepi dari 14 Februari

1. Baru dua kecamatan yang rampung

Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Makassar Baru 50 PersenIlustrasi pemungutan suara Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Petugas di lapangan masih melaporkan proses pleno rekapitulasi tingkat kecamatan. Sejauh ini, baru dua kecamatan yang proses rekapitulasi suaranya rampung.

"Masih sementara berlangsung ini. Sudah dua kecamatan yang sudah selesai rekap, Kepulauan Sangkarrang dan Wajo," kata Abdi.

2. Paling lambat selesai tanggal 2 Maret

Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Makassar Baru 50 PersenAnggota KPU Makassar Abdi Goncing. (Dok. KPU Makassar)

Abdi mengatakan rekapitulasi suara tingkat kecamatan ini akan segera selesai. Pihaknya menargetkan rekapitulasi suara ini selesai paling lambat 2 Maret 2024. 

Setelah itu, proses rekapitulasi akan berlanjut ke tingkat kota. Untuk tingkatan ini, KPU Makassar belum menentukan jadwalnya.

"Untuk rekap tingkat kota sementara baru mau kita rapatkan waktu pastinya," kata Abdi.

3. Sempat diwarnai riak-riak

Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Makassar Baru 50 PersenIlustrasi simulasi pemungutan suara Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Abdi tak menampik bahwa selama proses rekapitulasi tingkat kecamatan ini diwarnai riak-riak. Meski begitu, riak-riak tetap bisa teratasi.

Salah satunya yaitu saksi partai yang ribut saat rekapitulasi suara di Kecamatan Panakkukang. Keributan itu terjadi karena ada selisih suara dari para saksi. Namun tak berlangsung lama, dua saksi itu langsung didamaikan oleh pihak PPK. 

"Dinamika pasti ada tapi alhamdulillah terkendali," kata Abdi.

Baca Juga: Berisiko, Tim Damkar Makassar Menolak Tangkap Buaya di Sungai Tallo

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya