Ramadan 2021, Warga Sudah Bisa Tarawih di Masjid 99 Kubah Makassar

Pengerjaan dimulai Januari 2021

Makassar, IDN Times - Pembangunan Masjid 99 Kubah yang sempat dipertanyakan kelanjutannya, kini mulai menemukan titik terang. Masjid yang mulai dibangun pada 2017 itu ditargetkan rampung sebelum Ramadan 2021. 

Jika target itu terwujud, maka umat Islam di Kota Makassar bakal bisa salat Tarawih di masjid tersebut. Hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah usai meninjau masjid tersebut, Kamis (19/11/2020).

Nurdin mengatakan pemanfaatan Masjid 99 Kubah ini tidak bisa ditunda lebih lama, apalagi masjid ini juga sangat dibutuhkan oleh pengunjung di kawasan CPI. 

"Ini kan semakin ramai. Tentu dengan hadirnya Masjid 99 Kubah ini akan semakin melengkapi fasilitas yang ada ada di CPI ini," kata Nurdin di Lego-lego CPI.

1. Pengerjaan dimulai Januari

Ramadan 2021, Warga Sudah Bisa Tarawih di Masjid 99 Kubah MakassarMasjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Nurdin menjelaskan, pengerjaan masjid ini ditargetkan bisa dilaksanakan secepatnya. Setidaknya pengerjaan sudah bisa dimulai paling lambat awal tahun 2021 mendatang. 

"Tahun depan kita sudah mulai. Mungkin Januari kita akan mulai penyempurnaan yang penting fungsionalnya dulu dan sudah bisa dipakai," jelasnya.

2. Pemprov anggarkan Rp22 miliar

Ramadan 2021, Warga Sudah Bisa Tarawih di Masjid 99 Kubah MakassarBagian dalam Masjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Dari segi biaya, Nurdin menyebutkan masjid tersebut membutuhkan Rp22 miliar anggaran. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel. 

"Itu sudah fungsional itu sudah bisa dipakai toilet, tempat wudhu, terus pelataran sudah bisa selesai," katanya.

Baca Juga: Nurdin Abdullah: Penyelesaian Masjid 99 Kubah Butuh Dana Besar

3. Lelang pengerjaan fisik dilakukan Januari

Ramadan 2021, Warga Sudah Bisa Tarawih di Masjid 99 Kubah MakassarBagian dalam Masjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Sekretaris Dinas PUTR Sulsel, Edy Rahmat, mengatakan proses lelang fisik untuk pekerjaan masjid tersebut sudah bisa dilakukan pada Januari 2021 mendatang.  

"Januari sudah dilelang. Target untuk dipakai sebelum bulan Ramadan. Rencana kita lakukan berbuka puasa di Lego-lego dan Salat Tarawih di Masjid 99 Kubah. Begitu juga Salat Subuh bisa di Masjid 99 Kubah," katanya.

Baca Juga: Alquran Raksasa Ditulis Tangan Ada di Masjid Raya Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya