Puskesmas di Makassar Mulai Kesulitan Air Bersih akibat Kekeringan

Puskesmas di Makassar kekurangan air bersih

Makassar, IDN Times - Dampak musim kemarau telah dirasakan di wilayah Kota Makassar sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya kekeringan yang melanda sejumlah kecamatan.

Saat ini, kekeringan bahkan mulai berdampak pada fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, yang beberapa di antaranya dilaporkan telah kesulitan air bersih.

"Kita sudah memasuki masa kekeringan di Kota Makassar. Terkait air bersih, memang ada beberapa puskesmas yang kekurangan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Jumat (22/9/2023).

1. Empat puskesmas kekurangan air bersih

Puskesmas di Makassar Mulai Kesulitan Air Bersih akibat KekeringanIlustrasi (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Nursaidah menyebut sejauh ini ada empat Puskesmas di Makassar yang melaporkan kekurangan air bersih. Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Tamalanrea Kecamatan Tamalanrea, Puskesmas Layang Kecamatan Bontoala.

Selanjutnya Puskesmas Tamamaung Kecamatan Panakkukang dan Puskesmas Kapasa Kecamatan Biringkanaya.

2. Puskesmas mulai didata

Puskesmas di Makassar Mulai Kesulitan Air Bersih akibat KekeringanKepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah Sirajuddin. IDN Times/Asrhawi Muin

Nursaidah mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD serta PDAM Kota Makassar untuk menyalurkan air bersih ke fasyankes tersebut. Puskesmas lainnya juga sementara didata apakah mengalami kesulitan air bersih

"Kami sudah komunikasi dengan BPBD dan PDAM terkait bagaimana agar condong ke pelayanan kesehatan untuk suplai air bersih, sebentar lagi kami komunikasikan beberapa Puskesmas yang meminta bantuan air bersih," katanya.

Baca Juga: Dampak El Nino, Air Baku PDAM Makassar di Leko Pancing Menyusut

3. Puskesmas segera disuplai air bersih

Puskesmas di Makassar Mulai Kesulitan Air Bersih akibat KekeringanIlustrasi (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Nursaidah menyebut, baru satu Puskemas di Makassar yang disuplai air bersih yakni Puskemas Tamalanrea. Selanjutnya, tiga Puskemas lainnya juga segera disuplai air bersih.

Dia berharap agar penyaluran air bersih ke puskesmas bisa terakomodir dengan baik. Pasalnya, air bersih untuk Buang Air Kecil (BAK) saja sulit apalagi untuk Buang Air Besar (BAB).

"Ini sudah terbuka pintu BPBD untuk men-support pelayanan kesehatan di 47 puskesmas bila ada laporan suplai air yang kurang," kata Nursaidah.

Baca Juga: Sulit Air Bersih saat Kemarau, BPBD Makassar Siapkan Water Purifier

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya