PTM Terbatas Jenjang SD di Makassar Dimulai Hari Ini

Siswa dites antigen sebelum mulai beraktivitas di sekolah

Makassar, IDN Times - Sebanyak 70 Sekolah Dasar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas hari ini, Kamis (4/11/2021). Salah satunya adalah SD Sudirman 2 yang berlokasi di Kecamatan Ujung Pandang.

Kepala Sekolah SD Sudirman 2, Suadah mengatakan, sekolahnya salah satu  yang dipercaya melaksanakan PTM terbatas. Alasannya, karena para tenaga pendidik dan siswa di sekolah tersebut dianggap telah siap. 

"Kita sudah siapkan kelas yang steril, diadakan penyemprotan. Kita sampaikan ke orang tua yang siap dan tidak, karena yang tidak siap ada juga. Intinya sudah sosialisasi," ucap Suadah saat ditemui wartawan di SD Sudirman 2, Kamis.

Baca Juga: Sepekan, Makassar Catat di Bawah 10 Kasus Harian COVID-19 

1. Siswa dan guru wajib terapkan prokes

PTM Terbatas Jenjang SD di Makassar Dimulai Hari Iniilustrasi belajar tatap muka di sekolah (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Para guru, staf, karyawan, dan siswa wajib menerapkan protokol kesehatan ketat selama beraktivitas di sekolah. Seperti memakai masker dan menjaga jarak. Sekolah juga menyediakan fasilitas mencuci tangan.

"Sudah disampaikan lewat daring ada tahapan kesiapan sekolah mulai dari cuci tangan, alat kesehatan seperti sabun, hand sanitizer, kelas disemprot, masker, yang disiapkan sekolah kalau ada tatap muka," kata Suadah.

2. PTM tidak wajib untuk siswa SD

PTM Terbatas Jenjang SD di Makassar Dimulai Hari Iniilustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Suadah berharap PTM terbatas ini bisa berjalan lancar dan para siswa tetap sehat. Karena itu, siswa juga dites swab antigen. Dari hasil tes tidak ada yang reaktif.

Dia juga memastikan tidak ada paksaan bagi siswa yang tidak bisa ikut melaksanakan PTM. Dia paham tidak semua orang tua mengizinkan anaknya ikut belajar di sekolah.

"Ada siswa tidak ikut tatap muka tetap ada daring. Dia tidak ketinggalan pelajaran dan tidak dirugikan. Karena ada informasi secara daring," katanya.

3. Siswa dites rapid antigen

PTM Terbatas Jenjang SD di Makassar Dimulai Hari IniIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba, menyebut para siswa sangat antusias mengikuti PTM. Lagipula, sekolah juga diminta tidak memberikan pelajaran yang berat.

"Kita sampaikan ke guru untuk memberi pelajaran yang sifatnya tentang prokes. Ini kan baru pertama masuk kelas jadi butuh sosialisasi dulu. Semua senang, enjoy," kata Nielma.

Nielma juga mengatakan tes antigen dimulai dari siswa kelas 5 dan 6 di hari pertama. Kemudian di hari kedua, kelas 3 dan 4. Selanjutnya di hari ketiga, kelas 1 dan 2.

"Makanya kita sampaikan ke orang tua siswa bahwa anaknya mau dites antigen," katanya.

Baca Juga: Menkes Cek Opsi Lokasi untuk Pembangunan RS Pusat Otak di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya