Presiden Jokowi Absen pada Peringatan HUT ke-51 PPP di Makassar

Paslon capres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga tidak hadir

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo dipastikan tidak akan hadir dalam puncak peringatan Hari Lahir ke-51 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Makassar, Sabtu (27/1/2024). Hal itu disampaikan Ketua Umum PPP, Mardiono usai menghadiri jamuan makan malam di kediaman Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Jumat (26/1/2024) malam.

Mardiono mengatakan PPP sebagai partai koalisi pemerintah di bawah pimpinan Jokowi selalu mengundang sang presiden untuk hadir di setiap acara harla. Namun dia maklum jika Jokowi tidak berkesempatan untuk hadir kali ini.

"Kalau misalnya beliau ada tugas yang lebih penting, kami sangat memaklumi karena tentu Bapak Presiden memiliki tugas-tugas yang besar dalam rangka untuk tugas kenegaraannya," kata Mardiono. 

Baca Juga: Harla ke-51 PPP Dipusatkan di Makassar, Panitia Undang Jokowi

1. Puan Maharani wakili PDI Perjuangan

Presiden Jokowi Absen pada Peringatan HUT ke-51 PPP di MakassarPuan Maharani saat berada di Surabaya. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Selain presiden, PPP juga mengundang ketua umum partai koalisi seperti PDI Perjuangan, Hanura dan Perindo. Namun yang dipastikan hadir yaitu Ketua DPR RI, Puan Maharani bersama Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mewakili PDI Perjuangan.

Sementara Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang juga tidak hadir karena sedang berada di luar negeri. Lalu Hari Tanoesoedibjo sebagai Ketua Umum Perindo juga belum menginformasi kehadiran.

"Masing-masing ketua umum atau pengurus partai ini sedang berkonsentrasi untuk menjaga pelaksanaan pemilu itu kita maklumi," kata Mardiono.

2. Ganjar-Mahfud tidak hadir

Presiden Jokowi Absen pada Peringatan HUT ke-51 PPP di MakassarCapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai teladan pemimpin menjadi kunci mencegah praktik korupsi. Ganjar menyampaikan itu saat pidato di program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku integritas) Capres Cawapres di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024). (Dok. TPN Ganjar-Mahfud)

Pasangan Capres-cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung koalisi ini juga dipastikan tidak hadir. Panitia belum menerima konfirmasi kehadiran mereka.

"PPP mencalonkan Ganjar-Mahfud kita juga mengundang, itu kewajiban saya. Tapi saya belum konfirmasi kehadiran Ganjar-Mahfud," katanya.

3. Semua parpol diundang

Presiden Jokowi Absen pada Peringatan HUT ke-51 PPP di MakassarBendera partai politik peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain partai koalisi dan paslon capres-cawapres, PPP juga mengundang semua partai di luar koalisi. Pasalnya, kegiatan ini hanya peringatan hari lahir parpol dan tidak ada unsur kampanye.

"Sebagaimana partai-partai lain itu mengadakan ulang tahun kami juga diundang. Tapi lagi-lagi kita maklum kan partai politik sedang memiliki hajat besar di mana pemilu tinggal hitung hari," kata Mardiono.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya