Potensi Hujan Deras, BPBD Makassar Imbau Warga Waspada Banjir

Masyarakat juga diimbau waspada dampak angin kencang

Makassar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir. Hal ini menyusul adanya peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Balai BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini bahwa pada 11-17 April berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah Sulsel termasuk Kota Makassar. 

"Berdasar hal tersebut warga kota diimbau waspada utamanya di wilayah rawan potensi banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, Selasa (11/4/2023).

1. Masyarakat diimbau waspada angin kencang

Potensi Hujan Deras, BPBD Makassar Imbau Warga Waspada BanjirIlustarsi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Hendra juga mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai dampak-dampak cuaca seperti yang diingatkan BMKG. Hal ini melihat bahwa ada potensi angin kencang yang berpotensi mengakibatkan pohon tumbang.

"Karena terdapat potensi angin kencang maka masyarakat diimbau waspada tehadap dampaknya seperti pohon tumbang, kerusakan rumah dan bangunan," kata Hendra.

2. Makassar masih dalam musim hujan

Potensi Hujan Deras, BPBD Makassar Imbau Warga Waspada BanjirIlustrasi hujan/idntimes.com

Cuaca di Kota Makassar akhir-akhir ini memang tidak menentu. Hujan biasanya akan mengguyur meskipun cuaca baru saja panas terik dan begitu pun sebaliknya. 

Namun Hendra mengatakan bahwa Kota Makassar masih cenderung berada pada musim hujan. 

"Kota Makassar dan sekitarnya masih masuk dalam musim penghujan. Musim kemarau dimulai awal Mei (2023)," kata Hendra.

3. BMKG keluarkan peringatan dini

Potensi Hujan Deras, BPBD Makassar Imbau Warga Waspada BanjirIlustrasi cuaca ekstrem. (IDN Times/Mardya Shakti)

Balai BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca selama sepekan ke depan untuk sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan. Peringatan ini berlaku mulai 11 April hingga 17 April 2023. 

BMKG memprediksi potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan kilat dan angin kencang. Potensi ini khususnya di wilayah Kota Makassar, Pare-Pare, Palopo, Kabupaten Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Bantaeng, Selayar. 

Kemudian daerah lain yang juga berpotensi yaitu, Bulukumba, Sinjai, Sidrap, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Toraja Utara, Tana Toraja, Enrekang, Pinrang, Jeneponto dan Takalar.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Kecil Masih Bisa Terjadi di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya