PLN Sulselrabar Jamin Listrik Tidak Padam selama Masa Pemilu 2024

Pasokan listrik di seluruh TPS dijamin aman

Makassar, IDN Times - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulselrabar memastikan keandalan sistem kelistrikan selama masa Pemilu 2024. Khususnya di tempat-tempat penyelenggara Pemilu, seperti KPU provinsi/kota, Bawaslu, hingga tempat pemungutan suara (TPS).

Manajer UP3 Makassar Selatan, Gamal Rizal Kambey, mengatakan pihaknya telah bersiaga selama masa Pemilu 2024. Hal ini disampaikannya saat mengecek kondisi kelistrikan di Kantor KPU Sulsel, Rabu (14/2/2024).

"Siaga dari pusat sampai ke unit unit, kemudian siaga kami dari tanggal tanggal 10 sampai tanggal 20 Februari," kata Gamal.

Baca Juga: PLN Sulselrabar Jamin Pasokan Listrik selama Pemilu

1. Jamin tidak ada pemadaman listrik di kantor KPU

PLN Sulselrabar Jamin Listrik Tidak Padam selama Masa Pemilu 2024Manajer UP3 Makassar Selatan, Gamal Rizal Kambey. (IDN Times/Ashrawi Muin)

PLN mengawasi kondisi kelistrikan di semua kantor KPU baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. PLN menyiapkan skema zero down time atau layanan tanpa padam.

"Jadi tidak ada pemadaman di KPU baik kabupaten kota maupun KPU pusat, kami harapkan atas pelaksanaan Pemilu bisa berlangsung dengan aman dan lancar," kata Gamal.

2. PLN menyediakan listrik cadangan

PLN Sulselrabar Jamin Listrik Tidak Padam selama Masa Pemilu 2024Sejumlah orang mengamati daftar calon legislatif Pemilu 2024 yang terpampang di TPS 005 Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Aan Pranata)

Untuk kondisi jaringan, PLN Sulselrabar telah melaksanakan assessment. Sebelum Pemilu, PLN telah menyiapkan antisipasi untuk kehandalannya.

"Apabila terjadi gangguan untuk UPA sendiri bisa back up selama 3 jam. Jadi ada sambil pemulihan di-back up," kata Gamal.

PLN menyiagakan masing-masing satu UPS (Uniteruptible Power Suplay) dari dua penyulang. UPS berfungsi menyediakan listrik cadangan.

"Untuk UPS untuk 100 KVA, untuk melayani ada 2 sini. Kantor KPU dengan 53 daya dengan gudang KPU 7.700 VA. Jadi kami rasa cukup untuk mem-backup up sistem di KPU provinsi," kata Gamal.

3. Penghitungan suara dijamin tanpa hambatan listrik

PLN Sulselrabar Jamin Listrik Tidak Padam selama Masa Pemilu 2024TPS 29 Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Setelah pemungutan suara, tahapan Pemilu berlanjut ke tahapan perhitungan suara. PLN pun menjamin tidak akan ada pemadaman listrik selama proses perhitungan suara Pemilu 2024.

"Insyaallah, secara teknis kami sudah berupaya semaksimal mungkin, mudah-mudahan tidak ada kendala," kata Gamal.

Baca Juga: 221 Desa Terpencil di Sulselrabar Mulai Nikmati Listrik PLN

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya