PLN Pulihkan Listrik Tiga Daerah di Sulsel usai Banjir dan Longsor

PLN juga menerjunkan tim ke Luwu

Makassar, IDN Times - PLN memulihkan pasokan listrik ke tiga kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang mengalami banjir dan longsor pada Jumat 3 Mei 2024 lalu. Tiga kabupaten itu yakni Wajo, Pinrang dan Enrekang.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), M. Andy Adchaminoerdin, menyatakan pasokan listrik untuk tiga kabupaten itu telah pulih. Hingga Kamis (9/5/2024) pukul 16.00 WITA,  persentase listrik menyala telah mencapai 97,5 persen. 

 "Alhamdulillah, sampai dengan Kamis pukul 16.00 WITA dari total 77.397 pelanggan terdampak sudah 75.219 pelanggan atau sebesar 97,5 persen pelanggan berhasil kami pulihkan pasokan listriknya," kata Andy. 

Baca Juga: 16 Desa di Luwu Sulsel Masih Terisolasi usai Banjir dan Longsor

1. Terjunkan tim bantu pemulihan di Luwu

PLN Pulihkan Listrik Tiga Daerah di Sulsel usai Banjir dan LongsorGeneral Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin melaksanakan pengecekan kesiapan dan memompa semangat Tim Bantuan Pemulihan Pasokan Listrik yang diterjunkan ke Kabupaten Luwu, Kamis (9/5/2024). Dok. PLN UID Sulselrabar

PLN juga menerjunkan 9 tim bantuan yang berjumlah 60 personel untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik di Kabupaten Luwu. Tim bantuan yang diberangkatkan pada Kamis pagi itu berasal dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan, PLN UP3 Makassar Utara, PLN UP3 Mamuju, PLN UP3 Parepare, dan PLN UP3 Bulukumba.

Andy menegaskan walaupun medan sulit akibat akses jalan yang terputus, PLN terus fokus berupaya dalam percepatan pemulihan pasokan listrik.  Salah satunya dengan menambah tim bantuan pemulihan pasokan listrik. 

"Pengiriman petugas kelistrikan ke Luwu merupakan bentuk komitmen kami agar wilayah terdampak banjir dan longsor kembali terang secepat mungkin", kata Andy.

2. Apresiasi bantuan dari semua pihak

PLN Pulihkan Listrik Tiga Daerah di Sulsel usai Banjir dan LongsorAkibat akses jembatan terputus, petugas PLN tengah berjibaku memobilisasi tiang melewati sungai ke Dusun Ajjilikeng, Kabupaten Wajo, Kamis (9/5/2024). Dok. PLN UID Sulselrabar

Andy juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah, TNI-POLRI, stakeholder bahkan masyarakat yang turut bersinergi dan membantu PLN dalam membersihkan akses jalan dan memobilisasi tiang. Dia merasa terharu atas bantuan seluruh pihak tersebut. 

"Bahkan di Kabupaten Sidrap ada masyarakat yang membantu memobilisasi tiang, ini adalah bentuk dukungan yang memompa semangat kami agar pasokan listrik dapat segera dipulihkan," kata Andy. 

3. Warga bantu mobilisasi tiang listrik

PLN Pulihkan Listrik Tiga Daerah di Sulsel usai Banjir dan LongsorMasyarakat Dusun Matajang, Kabupaten Sidrap turut bergotong royong membantu PLN dalam memobilisasi tiang untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik yang terdampak bencana, Kamis (9/5/2024). Dok. PLN UID Sulselrabar

Basri, warga Dusun Matajang turut membantu tim PLN memobilisasi tiang karena akses jalan yang masih belum bisa dilalui kendaraan. Meski begitu, dia mengaku bersyukur tim PLN memulihkan listrik.

“Kita bersyukur berkat semangat kebersamaan dan demi pemulihan listrik PLN di Dusun Matajang Kabupaten Sidrap, kami bergotong-royong memasukkan material berupa tiang listrik. Ini kerja ikhlas masyarakat," kata Basri.

Baca Juga: Anak dan Perempuan Korban Banjir Dapat Pendampingan Trauma Healing

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya