Pilgub Sulsel: Danny Pomanto Mengaku Tak Ingin Terpaku Hasil Survei

Survei KIC tempatkan Andi Sudirman Sulaiman posisi teratas

Intinya Sih...

  • Andi Sudirman Sulaiman menempati posisi teratas dalam survei KIC dengan 23,8% dukungan responden.
  • Ketua DPW NasDem Sulsel dan Bupati Gowa menduduki peringkat kedua dan ketiga dalam survei tersebut.
  • Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto berada di urutan keenam dengan 6,3% dukungan responden.

Makassar, IDN Times - Katadata Insight Center (KIC) mengeluarkan hasil survei terbaru mereka pada Mei 2024 lalu. Dalam survei itu, Gubernur Sulsel tahun 2022-2023, Andi Sudirman Sulaiman menempati urutan pertama dengan didukung 23,8 persen responden.

Di urutan kedua, ada Ketua DPW NasDem Sulsel (11,8 persen) dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (11,1 persen). Lalu ada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di peringkat empat dengan didukung 10 persen responden dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dengan 7,4 persen.

Nama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto juga termasuk salah satunya. Danny berada di urutan keenam dengan dukungan 6,3 persen responden.

1. Danny siapkan survei sendiri

Pilgub Sulsel: Danny Pomanto Mengaku Tak Ingin Terpaku Hasil SurveiWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Kamis (2/5/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Menanggapi hasil survei tersebut, Danny Pomanto mengaku menghargai apapun hasil survei yang ada. Meski begitu, pihaknya juga tetap akan mengadakan survei yang akan dirilis dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah saya itu selalu menghargai survei, walaupun saya punya survei sendiri," kata Danny saat ditemui di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Rabu (12/6/2024).

Danny tak mempermasalahkan hasil survei yang menempatkannya di urutan berapa pun. Baginya, masuk 5 besar saja itu sudah suatu kesyukuran.

2. Tak ingin terpaku dengan hasil survei

Pilgub Sulsel: Danny Pomanto Mengaku Tak Ingin Terpaku Hasil SurveiWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto diantar pendukungnya mengembalikan formulir di lima parpol, Kamis (23/5/2024). (IDN Times/Istimewa)

Dia pun mengenang masa-masa ketika awal maju sebagai calon Wali Kota Makassar. Survei paling tinggi yang didapatkannya hanya 0,2 persen. Angka ini berbanding terbalik dengan kompetitor saat itu yang mencapai 48 persen.

Dia berasumsi hasil survei bukan penentu utama untuk meraih kemenangan dalam kontestasi politik. Walau dalam survei Danny berada di posisi rendah, namun pada akhirnya dia berhasil menjabat Wali Kota Makassar. Bukan tidak mungkin hal serupa akan diraihnya kembali.

"Alhamdulillah kita menang tergantung strategi. Apalagi kalau sekarang sudah lebih baik dari 0,2, lebih lebih semangat kita, yang penting dapat tiket dulu," kata Danny.

3. Danny digadang berpasangan dengan Indah

Pilgub Sulsel: Danny Pomanto Mengaku Tak Ingin Terpaku Hasil SurveiWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Sejauh ini, Danny telah mendaftar di 7 parpol yaitu Hanura, PDI P, PKB, Demokrat, PAN, PPP, dan PKS. Partai Hanura juga telah memberikan surat rekomendasi untuk Danny.

Danny digadang-gadang berpasangan dengan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Hal ini semakin menguat setelah pertemuan keduanya pada 30 Mei 2024 lalu.

Baca Juga: Survei KIC: Andi Sudirman Paling Pantas Jadi Gubernur Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya