Peta Dukungan Partai 3 Bakal Paslon Pilwali Makassar, Siapa Terkuat?

Sisa tiga parpol yang belum tentukan sikap

Intinya Sih...

  • Tiga pasangan calon Pilwali Makassar sudah memenuhi syarat 10 kursi dari jumlah 50 kursi DPRD Makassar.
  • Pasangan Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham telah mendapat dukungan dari tiga partai, yakni Golkar (6 kursi), Demokrat (3 kursi), dan Perindo (1).
  • Pasangan Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi telah mendapat dukungan dari PKB (5 kursi) dan PPP (5 kursi), serta akan menerima dukungan dari PDIP.

Makassar, IDN Times - Jelang pendaftaran Pilkada Serentak 27-29 Agustus 2024, sudah tiga pasangan memenuhi syarat 20 persen atau 10 kursi dari jumlah 50 kursi DPRD Makassar. Mereka adalah pasangan Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham, Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, serta Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi.

Hampir semua parpol yang punya kursi di DPRD Makassar telah menetukan sikap politiknya kepada tiga pasangan tersebut. Tersisa dua parpol yan belum menentukan arah dukungannya yaitu PKS (6 kursi) dan Hanura (2 kursi).

Lantas seperti apa perolehan suar parpol dari ketiga paslon tersebut? Berikut ulasannya.

1. Appi kantongi 10 kursi parpol

Peta Dukungan Partai 3 Bakal Paslon Pilwali Makassar, Siapa Terkuat?Partai Demokrat menyerahkan rekomendasi B1-KWK kepada pasangan Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika untuk Pilwalkot Makassar, Kamis (15/8/2024)/Istimewa

Munafri Arifuddin yang akrab disapa Appi dan Aliyah Mustika Ilham atau telah mengantongi 10 kursi. Ke-10 kursi itu berasal dari tiga partai, yakni Golkar (6 kursi), Demokrat (3 kursi), dan Perindo (1).

Pasangan yang disingkat dengan akronim MULIA ini telah menerima secara resmi rekomendasi B1-KWK dari Partai Demokrat untuk maju di Pilwali Makassar 2024. B1-KWK itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan jajaran pengurus inti DPP di Jakarta, Kamis, (15/8/2024) petang.

Usai menerima rekomendasi Demokrasi, Appi menyampaikan dirinya bersama Aliyah sudah memenuhi syarat dan siap untuk berlayar menuju kontestasi Pilwali 27 November akan datang. Syarat mengusung di Pilwalali Makassar minimal 20 persen dari jumlah 50 kursi DPRD Makassar atau 10 kursi.

"Alhamdulillah saya dan Bu Aliyah sudah penuhi syarat mendaftar di KPU. Artinya kita siap berlayar," kata Appi lewat via telepon.

Sebelumnya, Appi-Aliyah juga sudah menerima rekomendasi dari DPP Golkar di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024. Dia juga telah menerima surat rekomendasi dukungan dari Partai Perindo yang diserahkan Ketua Desk Pilkada Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo di Jakarta, Senin, 29 Juli 2024.

2. Indira-Ilham kantongi 10 kursi

Peta Dukungan Partai 3 Bakal Paslon Pilwali Makassar, Siapa Terkuat?Poster Indira Yusuf Ismail-Ilham Fauzi, pasangan bakal calon untuk Pilkada Makassar 2024. (Dok. Istimewa)

Pasangan Indira Yusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi telah mendapat dukungan dari PKB (5 kursi) dan PPP (5 kursi). Total 10 kursi telah dimiliki pasangan ini. Dengan demikian, mereka sudah memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU pada akhir Agustus nanti.

Pasangan yang dikenal dengan akronim iNIMi tersebut telah resmi mengantongi B1KWK dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Surat itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di Jakarta, Kamis 15 Agustus 2024.

“Alhamdulillah, kami tentunya sangat bersyukur mendapat kepercayaan dari PKB. Semoga semua persyaratan ini, bisa dipenuhi untuk ke tahapan selanjutnya,” kata Indira.

Sebelumnya, pasangan juga telah menerima B1-KWK dari DPP Partai Persatuan Pembangunan (DPP). Surat keputusan tersebut diserahkan olek Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PPP, Hj Ermalena kepada Indira-Ilham di Kantor DPP PPP, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

Selanjutnya, pasangan ini juga akan menerima B1-KWK dari PDIP pekan depan. Parpol tersebut juga telah menyatakan mengusung Indira-Ilham.

Baca Juga: Diusung Demokrat, Appi-Aliyah Penuhi Syarat Daftar Pilwalkot Makassar

3. Seto-Rezki kantongi 14 kursi

Peta Dukungan Partai 3 Bakal Paslon Pilwali Makassar, Siapa Terkuat?Bupati Sinjai Andi Seto Asapa saat menghadiri pelantikan Pengurus Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Sinjai periode 2021-2025 di lapangan indoor futsal Sinjai, Minggu (16/1/2022). (Dok. Humas Pemkab Sinjai)

Sementara itu, pasangan Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi telah mendapat dukungan dari Partai Gerindra (6 kursi) dan NasDem (8). Total kursi dari dua partai ini sebanyak 14 kursi artinya telah melebihi syarat 10 kursi untuk maju Pilwali Makassar.

Kedua parpol tersebut memang belum mengeluarkan B1-KWK namun bisa dipastikan dua parpol tersebut mengusung keduanya. Sebab baik Seto maupun Rezki sama-sama merupakan kader parpol itu. Seto kader Gerindra sedangkan Rezki kader NasDem.

Keduanya telah diperkenalkan kepada publik sebagai pasangan dalam perhelatan Pilwali Makassar. Seto menjelaskan alasannya menggandeng Rezki karena pertimbangan dari Gerindra dan dirinya sendiri. Rezki merupakan kader NasDem sehingga menjadi harapan bagi Seto maupun Gerindra.

"NasDem itu partai yang dinaungi oleh Ibu Kiki (Rezki). Seperti harapan bahwa NasDem , kita tahu punya struktur yang luar biasa di Kota Makassar karena memenangkan pemilu. Mudah-mudahan itu menjadi modal," kata Seto.

Rekomendasi dari Partai Gerindra telah diserahkan oleh Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) pada Rabu 24 Juli 2024 malam. Pasangan ini masih menunggu rekomendasi B1-KWK dari Partai Gerindra, NasDem, dan PAN untuk resmi menjadi calon wali kota. Pasangan ini juga mendapatkan dukungan dari PSI meski tidak memiliki kursi di legislatif.

Baca Juga: Pilwali Makassar: Indira-Ilham Resmi Terima B1KWK dari PKB

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya