Pesan Bahtiar buat Pj Kepala Daerah: Jangan Bergaya Penggawa

Pj Bupati dan Wali KOta diminta rajin datangi warga

Makassar, IDN Times - Pj Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin melantik dan mengambil sumpah jabatan empat penjabat kepala daerah, Selasa (26/9/2023). Mereka yang dilantik adalah Pj Bupati Bone, Sinjai, dan Bantaeng, serta Pj Wali Kota Palopo.

Usai pelantikan, Bahtiar berpesan agar para penjabat kepala daerah rajin turun langsung ke masyarakat, seperti di kampung-kampung atau pasar tradisional. Dia berpesan agar mereka tidak menghindar dari masyarakat.

"Saya perintahkan seluruh pj Bupati wali kota ini turun ke masyarakat. Jangan gayanya gaya penggawa. Kita pejabat ini pelayan masyarakat. Bukan penggawanya masyarakat," kata Bahtiar.

Baca Juga: Pj Gubernur Lantik Empat Penjabat Kepala Daerah di Sulsel

1. Bahtiar mengingatkan soal delapan program prioritas

Pesan Bahtiar buat Pj Kepala Daerah: Jangan Bergaya PenggawaPj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin melantik tiga Pj Bupati dan satu Pj Wali Kota, Selasa (26/9/2023). (Dok. Istimewa)

Bahtiar juga berpesan kepada seluruh wali kota dan bupati terutama yang baru saja dilantik, agar segera menyesuaikan delapan program prioritasnya. Kedelapan program prioritas itu, kata dia, sesuai dengan kebijakan nasional.

Adapun delapan program prioritas itu yakni menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024, pengendalian inflasi, penanganan stunting dan gizi buruk, serta pengentasan kemiskinan ekstrem.

Kemudian, ketahanan dan kedaulatan pangan, kemudahan pelayanan publik dan investasi, sinergi program prioritas nasional dan daerah. Kemudian menjaga stabilitas sosial, politik, keamanan, ketentraman dan ketertiban umum.

"Ada 8 program prioritas sesuai dengan kebijakan nasional yang harus dilakukan di wilayah Sulsel," katanya.

2. Kinerja Pj Bupati dan Pj Wali Kota dievaluasi berkala

Pesan Bahtiar buat Pj Kepala Daerah: Jangan Bergaya PenggawaIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Bahtiar juga menyebut bahwa penunjukan Penjabat ini berdasarkan keputusan presiden RI. Para pj ini pun akan dievaluasi secara berkala oleh pj gubernur.

Dia pun meminta para pj ini untuk langsung tancap gas bertugas. Setiap hari Senin, para kepala daerah akan mengikuti rapat terkait 8 program prioritas itu.

"Buktikan bahwa memang saudara-saudara yang telah dilantik amanah melalui menteri dalam negeri," katanya.

3. Netralitas ASN jelang Pemilu harus jadi perhatian

Pesan Bahtiar buat Pj Kepala Daerah: Jangan Bergaya PenggawaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Bahtiar juga menekankan soal netralitas ASN, khusunya mendekati momentun pemilu dan pilkada serentak. Namun netral yang dimaksud bukan hanya terkait masalah pilkada melainkan soal pelaynan yang seimbang untuk masyarakat.

"Jadi, netralitas itu adalah bukan hanya sekedar pilkada. Netralitas ASN itu termasuk dalam pelayanan di berbagai sektor. Jadi kita melayani semua," kata Bahtiar.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya