Pertamina Janji Benahi Distribusi BBM usai Antrean Solar di Sulsel

Antrean panjang pengguna solar terjadi di Sulsel

Makassar, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi langsung mengambil langkah usai menerima laporan terkait kelangkaan solar di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pertamina menegaskan pasokan solar akan dibenahi.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, mengaku telah meninjau langsung kondisi pasokan solar di Kabupaten Bone. Peninjauan ini dilaksanakan usai pertemuan dengan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Senin (18/12/2023) kemarin.

"Kami sudah diingatkan oleh Pak PJ Gubernur dan kami segera menindaklanjutinya dengan cepat," kata Erwin di Makassar, Selasa (19/12/2023).

1. Butuh waktu 2-3 hari untuk pemulihan

Pertamina Janji Benahi Distribusi BBM usai Antrean Solar di SulselIlustrasi. Antrean panjang pengisian BBM di SPBU Pancor, setelah kosong selama sehari (IDN Times/Ruhaili)

Untuk mengatasi hal tersebut, Pertamina telah mengubah pola pengiriman BBM. Pasalnya, salah satu kendala sehingga solar menjadi langka karena ada masalah pada pola pengiriman BBM ke SPBU.

Demikian juga dengan pengaturan jam operasional SPBU. Dengan begitu, antrean jam operasional bisa diatur sehingga tidak terpaku pada satu waktu tertentu.

"Jadi bisa diuraikan. Memang recovery ini butuh 2-3 hari. Ini memang starting pointnya hari ini kami memastikan dulu strategi yang kami terapkan ini bisa berjalan," kata Erwin.

2. Pertamina sampaikan permintaan maaf

Pertamina Janji Benahi Distribusi BBM usai Antrean Solar di SulselExecutive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Pada kesempatan ini, Erwin juga menyampaikan permohonan maaf kepada publik, khususnya pengguna jalan. Mereka menyadari bahwa antrean panjang truk saat mengantre solar mengganggu pengguna jalan lainnya.

"Kami atas nama Pertamina memohon maaf atas kejadian dua hari yang lalu di mana memang terjadi antrean yang cukup panjang sehingga sempat mengganggu kelancaran lalu lintas di Kota Bone," kata Erwin.

Baca Juga: Pertamina Sulawesi Jamin Stok BBM dan LPG di Masa Natal dan Tahun Baru

3. Pj Gubernur berharap kelangkaan solar tak picu inflasi

Pertamina Janji Benahi Distribusi BBM usai Antrean Solar di SulselPj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin. IDN Times/Ashrawi Muin

Sementara itu, Pj Gubernur, Bahtiar Baharuddin, melihat kemacetan panjang akibat truk yang mengantre di SPBU. Pemandangan ini dilihatnya saat berkunjung ke Kabupaten Bone akhir pekan lalu.

Dia pun berharap upaya perbaikan sistem distribusi BBM itu dapat memberi hasil. Pasalnya, dia ingin mempertahankan tren inflasi yang lebih rendah dari rata-rata nasional. Dia tak ingin kelangkaan solar ini menjadi pemicu inflasi.

"Mudah-mudahan isu soal kelangkaan BBM, kemacetan, antrean di SPBU khususnya bisa teratasi hari ini juga," kata Bahtiar.

Baca Juga: Pertamina: Peyaluran Solar Bersubsidi di Sulsel Over Kuota

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya