Persaingan Sengit Caleg DPR RI di Dapil Sulsel III, Ada 6 Petahana

Petahana DPR RI kembali bertarung di Dapil Sulsel III 

Makassar, IDN Times - KPU RI telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu 2024. Jumlah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang ditetapkan mencapai 9.917 orang, sementara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI memiliki 668 calon.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, KPU menetapkan 406 calon anggota DPR RI. Angka ini terbagi rata dengan 137 calon untuk Daerah Pemilihan Sulsel I, 148 calon untuk Sulsel II, dan 123 calon pada Sulsel III. Sementara itu, untuk DPD, KPU menetapkan 18 calon asal Sulsel.

Di Daerah Pemilihan Sulsel III, para caleg yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024 datang dari berbagai latar belakang. Ada elite parpol, eks kepala daerah, istri dan anak pejabat maupun eks pejabat. 

1. Enam dari tujuh petahana kembali mencalonkan diri

Persaingan Sengit Caleg DPR RI di Dapil Sulsel III, Ada 6 PetahanaKetua DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse di arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Kamis (16/6/2022). (Dok. Istimewa)

Sejak Pemilu 2019, Dapil Sulsel III diwakili tujuh anggota DPR RI. Dapil ini meliputi Kabupaten Toraja Utara, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

Pertarungan sengit tampaknya bakal tersaji di Dapil Sulsel III ini. Dari 123 figur yang bakal memperebutkan suara, tak sedikit tokoh beken. Pemilu ini diyakini akan terasa lebih ketat sebab figur-figur bintang bakal saling ngotot guna melenggang ke Senayan.

Hampir seluruh petahana DPR dari dapil ini juga dipastikan akan kembali turun gelanggang, kecuali Mitra Fakhruddin (PAN). Mereka yang kembali maju yaitu Rusdi Masse Mappasessu dan Eva Stevany Rataba yang sama-sama dari Nasdem. Kemudian La Tinro La Tunrung (Gerindra), Sarce Bandaso Tandiasik (PDI Perjuangan), Muhammad Fauzi (Golkar), dan Muhammad Dhevy Bijak Pawindu (Demokrat).

2. Perang bintang dari elite parpol hingga kepala daerah bakal bertarung sengit

Persaingan Sengit Caleg DPR RI di Dapil Sulsel III, Ada 6 Petahana(IDN Times/Sukma Shakti)

Para petahana akan berhadapan dengan sejumlah figur kenamaan di Sulsel, utamanya para eks kepala daerah yang sudah memiliki basis pendukungnya sendiri.

Sebut saja eks Bupati Luwu Andi Muzakkar dari Gerindra, tiga eks kepala daerah dari NasDem yaitu eks Bupati Pinrang Aslam Patonangi, eks Wali Kota Palopo Judas Amir, eks Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan eks Bupati Enrekang Muslimin Bando dari PAN. 

Dari Toraja Utara, istri dari dua kepala daerah rupanya tak mau ketinggalan ambil bagian. Agustina Mangande (Golkar) yang merupakan istrri Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dan Damayanti Batti istri dari Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong yakni Damayanti Batti (Gerindra) juga turut bertarung di Dapil III.

Begitu pula dengan para elit parpol. Ada Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel Herman Opy Sanda, Ketua DPC PDI Perjuangan Pinrang Kartini Lolo, 
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) DPP Partai Golkar Hasrul Rahman, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) La Kama Wiyaka, Ketua Nasdem Luwu Hayarna Basmin.

Kemudian Ketua NasDem Luwu Utara Putri Dakka, Ketua PKS Sulsel Muhammad Amri Arsyid, Sekertaris PAN Sulsel Andi Jamaluddin Jafar, Ketua Demokrat Luwu Utara Triyono Kusnan, Ketua Bapilu PPP untuk wilayah Indonesia Timur Darwis Ismail, Ketua PPP Pinrang Sahabuddin, dan pengurus DPP Partai Gelora Muh Jafar Sodding. 

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan juga tak mau ketinggalan. Mereka tentu ingin naik kelas. Sebut saja Ketua Banggar DPRD Sulsel, Irwan Hamid akan naik kelas ke Senayan. Lalu ada Welem Sambolangi yang merupakan anggota DPRD Tana Toraja dari fraksi Golkar. Welem telah empat kali berturut-turut terpilih menjadi anggota legislatif dan tiga periode menjabat Ketua DPRD Tana Toraja.

Caleg lainnya yang datang dari latar belakang jenderal yaitu (Irjen) Polisi (Purn) Frederik Kalalembang selaku Mantan Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI. Kemudian akademisi yaitu Prof Daud Malamassam yakni Rektor UKI Toraja.

Baca Juga: Peta Kekuatan Caleg DPR RI Dapil Sulsel I, Tujuh Petahana Maju Lagi

3. Cara cek DCT Anggota DPR RI asal Sulsel I

Persaingan Sengit Caleg DPR RI di Dapil Sulsel III, Ada 6 PetahanaLogo KPU (journal.kpu.go.id)

Daftar nama DCT anggota DPR RI dan DPD RI sudah bisa mulai diakses publik di laman resmi KPU, sejak Sabtu, 4 November 2023. Bagi kamu yang ingin mengenali calon wakil rakyat di daerahmu, berikut ini cara mengecek DCT anggota DPR RI dan DPD RI asal Sulawesi Selatan.

Untuk mengecek DCT Anggota Anggota DPR RI pada Pemilu 2024, kamu bisa mengakses laman resmi KPU RI pada alamat: infopemilu.kpu.go.id. Laman tersebut berisi berbagai informasi seputar Pemilu 2024, dari jadwal, berbagai aturan, hingga sarana mengecek data pemilih.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka laman resmi KPU RI pada alamat https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpr.
  • Klik kolom "Pilih Dapil" lalu pilih provinsi yang ingin dicek, yaitu Sulsel I.
    daerah pemilihan Sulsel I, Sulsel II, dan Sulsel III.
  • Tunggu sampai data calon legislatif dari setiap partai politik muncul.
  • Klik profil anggota calon yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

Baca Juga: Dapil 'Neraka', Peta Persaingan Caleg DPR RI di Dapil Sulsel II

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya