Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap Dua

Tanggapan masyarakat ditunggu dari tanggal 15 - 21 Februari

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengumumkan hasil penetapan peringkat atau hasil seleksi wawancara calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020.

KPU mengumumkan langsung daftar 10 terbaik calon anggota PPK di tiap kecamatan melalui situs resmi KPU Kota Makassar. Total ada 150 orang yang berhasil lolos pada tahap ini.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Makassar Endang Sari mengatakan, selanjutnya KPU akan mulai menerima tanggapan masyarakat tahap dua.

"KPU Makassar kembali membuka Tanggapan Masyarakat Tahap Dua terhadap rekam jejak khususnya terkait profesionalisme, integritas, dan independensi dari Calon PPK yang sudah diumumkan peringkat hasil wawancaranya tersebut," katanya melalui pesan singkat Whatsapp, Minggu (16/2).

1. Masyarakat diharapkan jadi bagian dari proses pengawasan

Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaKomisioner KPU Makassar Endang Sari (dua dari kiri). IDN Times/Aan Pranata

Tahapan tanggapan masyarakat ini, diakui Endang sangat penting. Pasalnya untuk menelusuri rekam jejak calon ad hoc, termasuk PPK, KPU Makassar tentu tidak bisa memantau dan mengawasi semua hal secara detail. 

"Kami butuh masyarakat untuk menjadi mata dan telinga kami untuk mengingatkan dan membantu memberi masukan terkait kualitas profesionalisme, independensi, dan integritas calon ad hoc kami," katanya.

2. Kualitas PPK ditentukan oleh publik

Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaKomisioner KPU Makassar, Endang Sari. IDN Times/Abdurrahman

Endang juga mengatakan, partisipasi dan pengawasan publik itu akan menjadi kontrol yang sangat efektif sehingga proses perekrutan yang sedang berlangsung tetap berada di jalur yang benar. Dengan demikian, pada akhirnya anggota PPK yang dilantik nantinya benar-benar lahir sebagai hasil seleksi bersama antara KPU Makassar dan publik Kota Makassar

"Ini seperti harapan kami bahwa KPU Makassar pada penyelenggaraan Pilwali 2020 ini adalah moderator publik di mana esensi dan kualitasnya ditentukan oleh publik Makassar itu sendiri. Makanya tagline yang kami pilih adalah "Pilwali Makassar 2020, Pesta Kita Semua"," katanya.

Baca Juga: Pilkada Makassar, Sudah 5 Kandidat Siap-siap di Jalur Perseorangan

3. Tanggapan masyarakat dikirim via email atau diantar langsung

Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaIDN Times / Aan Pranata

Untuk tahapan ini, masyarakat yang hendak menyampaikan tanggapannya bisa langsung mengirim ke email pilwalimakassar2020@gmail.com. Bisa juga bisa diantar langsung atau dikirim ke Kantor KPU Makassar Jalan Perumnas Antang Raya No.2A, Bangkala, Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234.

"Tanggapan masyarakat tahap 2 kami tunggu dari tanggal 15 - 21 Februari 2020," kata Endang.

Berikut daftar calon PPK yang lolos ke tahap tanggapan masyarakat tahap 2.

Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaKPU Makassar
Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaKPU Makassar
Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaKPU Makassar
Perekrutan PPK, KPU Makassar Buka Tanggapan Masyarakat Tahap DuaKPU Makassar

Baca Juga: Bawaslu Temukan Pengurus Parpol Mendaftar Panitia Pilkada di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya