Penimbunan Kubangan Stadion Mattoanging Makassar Ditunda

Polisi selidiki kasus dua anak tewas tenggelam di kubangan

Makassar, IDN Times - Kepala Satpol PP Sulsel Mujiono mengatakan penimbunan kubangan di area Stadion Mattoanging ditunda. Seharusnya penimbunan dilaksanakan kemarin atau sehari usai peristiwa tenggelamnya dua anak di lokasi tersebut.

Menurut dia, penimbunan itu ditunda lantaran peristiwa yang terjadi pada Minggu 24 Mei 2021 itu tengah diselidiki pihak kepolisian. Hal itu membuat pemprov tidak bisa langsung menimbun kubangan itu.

"Sedang diselidiki pihak Polsek sehingga kita undur karena sesuai SOP. Kita tidak boleh langsung menimbun sebelum selesai penyidikan dari pihak kepolisian," jelas Mujiono, Selasa (25/5/2021). 

1. Pemprov berjanji akan segera menimbun kubangan

Penimbunan Kubangan Stadion Mattoanging Makassar DitundaKepala Satpol PP Sulsel Mujiono saat menggelar konferensi pers di Kantor Gubernur Sulsel, Minggu (23/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Mujiono menjelaskan kasus ini masuk di ranah kepolisian karena kubangan itu menelan dua korban jiwa. Sementara pihak Pemprov langsung memutuskan untuk menimbun kubangan itu. 

"Ini perintah Plt Gubernur untuk menimbun. Cuma karena ada proses penyidikan sehingga kita tidak bisa lakukan, padahal kita sudah siapkan alatnya," jelasnya.

2. Area bekas bangunan stadion ditutup sementara

Penimbunan Kubangan Stadion Mattoanging Makassar DitundaKubangan di Stadion Mattoanging yang disebut bekas galian tambang liar Minggu (23/5/2021). IDN Times/Istimewa

Meski masih diselidiki pihak kepolisian, Mujiono memastikan bahwa kubangan akan langsung ditimbun begitu penyelidikan selesai. Saat ini, area Stadion Mattoanging ditutup untuk mencegah masyarakat umum masuk.

"Dalam waktu dekat ini, minggu depan paling lambat, sekaligus kita pemagaran," katanya.

Baca Juga: Penambang Liar Bikin Kubangan di Mattoanging Dikira Bagian dari Proyek

3. Satpol PP tambah jumlah petugas yang berjaga

Penimbunan Kubangan Stadion Mattoanging Makassar DitundaKepala Satpol PP Sulsel Mujiono. IDN Times/Asrhawi Muin

Walaupun area itu sebelumnya diterobos masyarakat umum hingga mengakibatkan korban jiwa, namun Mujiono menganggap pengamanan cukup dilakukan hanya oleh Satpol PP. Jumlah anggota Satpol PP yang berjaga di sana juga ditambah setelah adanya insiden tersebut.

"Untuk sehari-hari cukup Satpol saja. Kita turun tadi 9 orang dari yang awalnya hanya 4 orang," katanya.

Baca Juga: Sudirman Akui Ada Galian Ilegal di Area Stadion Mattoanging

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya