Pencinta Bola Harap Sabar, Pemprov Janji Proyek Mattoanging Dilanjut

Dua kali proyek Stadion Mattoanging gagal lelang

Makassar, IDN Times - Proyek rehabilitasi Stadion Mattoanging di Makassar kembali gagal lelang untuk kedua kalinya. Penyebabnya karena tidak adanya penawaran yang memenuhi persyaratan lelang.

Tetapi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tetap memprioritaskan untuk pembangunan Stadion Mattoanging. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis, menyebut meskipun tender yang kedua kalinya ini tidak memenuhi syarat, namun proses diharapkan tetap berlanjut sesuai ketentuan yang berlaku.

"Prosesnya gagal, tetapi program ini kita berupaya bagaimana tetap jalan, apalagi anggarannya sudah tersedia dan kita harap ini dapat terserap," katanya, Kamis (24/3/2022).

1. Masuk proyek prioritas

Pencinta Bola Harap Sabar, Pemprov Janji Proyek Mattoanging DilanjutDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Pemprov Sulsel telah beberapa kali menegaskan bahwa pembangunan Stadion Mattoanging menjadi salah satu prioritas. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bahkan telah mengajukannya dalam 10 output prioritas kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia pada Senin 21 Maret 2022 lalu.

Saat itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Republik Indonesia, Suharso Monoarfa hadir langsung dan menerima laporan tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Sekda Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani mewakili gubernur untuk memaparkan usulan strategis dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan guna mendukung prioritas nasional, termasuk Stadion Mattoanging.

2. Pemprov akan konsultasi dengan LKPP

Pencinta Bola Harap Sabar, Pemprov Janji Proyek Mattoanging DilanjutDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel, Mansyur Yahya, menegaskan bahwa pengerjaan proyek ini akan tetap dilanjutkan. Pemprov Sulsel akan mengembalikan kepada pengguna anggaran dalam hal ini adalah Dispora untuk meminta masukan atau konsultasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Itu setelah masa sanggah selesai selama 5 hari setelah penetapan dan pengumuman. Ingat sampai saat ini masih di ranah pokja,” kata Mansyur dalam siaran persnya, Kamis (24/3/2022).

Terkait kemungkinan penunjukan langsung, hal itu memang diatur berdasarkan Pasal 38 ayat 5 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. Pasal ini menyebutkan bahwa penunjukan langsung dilaksanakan setelah tender ulang mengalami kegagalan. 

Baca Juga: Stadion Barombong dan Mattoanging, Gelagat Politik Danny dan Sudirman

3. Dua kali gagal tender

Pencinta Bola Harap Sabar, Pemprov Janji Proyek Mattoanging DilanjutDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sejak dibuka pada awal 2022 lalu hingga sekarang, lelang Stadion Mattoanging telah dua kali mengalami gagal tender. Penyebabnya sama, tidak ada perusahaan penawar yang memenuhi syarat.

Pada lelang pertama, dua dari tiga perusahaan yang mengikuti tender dinyatakan tidak memenuhi kualifikasi. Pada lelang kedua yang merupakan tindak lanjut dari gagalnya lelang pertama, tiga perusahaan yang ikut lelang juga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca Juga: Proyek Stadion Mattoanging Gagal Lelang Lagi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya