Pemprov Sulsel Tunggu Kiriman 18.880 Vial Vaksin dari Bio Farma

Stok vaksin di Sulsel sudah habis

Makassar, IDN Times - Setelah stok vaksin sempat kosong, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan kembali kedatangan vaksin COVID-19 sebanyak 18.880 vial atau 9,6 Koli. Vaksin dari PT Bio Farma rencananya dikirim hari ini ke Makassar. 

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan, vaksinasi di Sulsel tidak dihentikan melainkan masih menunggu vaksin tahap kedua dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dia mengaku bahwa Pemprov Sulsel telah menjalankan arahan dari pemerintah pusat untuk menjalankan proses vaksinasi pada tahap awal secepat mungkin.

"Bukan disetop, justru kita ini tahap terakhir untuk tahap kedua. Malahan kita sudah menghabiskan stok yang ada, tinggal yang ada masalah vaksinasi tahap kedua," kata Andi Sudirman di Kabupaten Bone, Selasa (6/4/2021).

1. Plt Gubernur telah menyurat ke Kemenkes untuk penambahan vaksin

Pemprov Sulsel Tunggu Kiriman 18.880 Vial Vaksin dari Bio Farmailustrasi vaksin Sinovac

Sejauh ini, vaksinasi telah diberikan kepada tenaga kesehatan maupun ASN lingkup Pemprov Sulsel dan pemerintah kabupaten-kota di Sulsel. Vaksinasi juga mulai diberikan kepada kelompok yang termasuk petugas publik.

Sudirman mengaku telah bersurat ke Kemenkes untuk pengadaan vaksin tahap dua sekaligus penambahan stok. Menurut Sudirman, kekosongan stok vaksin menandakan bahwa vaksinasi di Sulsel lebih cepat dari target dan perkiraan sebelumnya.

“Jadi kita sudah bersurat. Kita tidak produksi vaksin, kita melaksanakan saja, jadi kita menunggu stok dari pusat,” imbuhnya.

2. Stok vaksin kini kosong

Pemprov Sulsel Tunggu Kiriman 18.880 Vial Vaksin dari Bio FarmaIlustrasi vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, dr Nurul AR mengungkapkan saat ini stok vaksin di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Sulsel sedang kosong.

"Stok vaksin di gudang vaksin provinsi sudah tidak ada," kata dr Nurul.

Dia menyebutkan alokasi vaksin yang diminta ke Kemenkes belum tiba. Namun, vaksin akan dikirim secepatnya. Meski begitu, vaksinasi akan kembali dilanjutkan sampai stok vaksin dari Biofarma tiba.

“Info terkini vaksin sudah siap dikirim hari ini atau paling lambat besok,” kata Nurul.

Baca Juga: Jemaat Salat Tarawih di Makassar Dipisah menurut Vaksinasi

3. Vaksin diharapkan segera tiba

Pemprov Sulsel Tunggu Kiriman 18.880 Vial Vaksin dari Bio FarmaIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku bersyukur karena vaksin habis. Itu berarti target Makassar lebih cepat karena ada festival vaksin.

Menurut Danny, pemerintah pusat akan senang dengan hal ini karena progres vaksinasi terus berjalan. Festival vaksinasi dan beberapa kali vaksinasi massal dinilainya cukup andil sehingga vaksin cepat habis.

Untuk itu, dia berharap stok vaksin cepat tiba karena sebentar lagi vaksinasi akan difokuskan bagi imam dan pengurus masjid, ulama, dan marbot sebelum masuk Ramadan.

"Artinya, kami ingin betul betul-betul bermohon kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar insyaallah kalau ada vaksin baru lagi, pemerintah kota Makassar siap melaksanakan vaksinasi secara tuntas," kata Danny.

Baca Juga: Stok Vaksin Habis, Vaksinasi COVID-19 di Sulsel Ditunda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya