Pemprov Sulsel Tegaskan Dorong Pembangunan Stadion Sudiang Dipercepat

Siapkan percepatan pembangunan stadion

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menegaskan upaya mendorong pembangunan stadion olahraga di Sudiang Makassar dipercepat. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Suherman.

Suherman sekaligus membantah adanya isu beredar bahwa ada upaya Pemprov menghambat pembangunan stadion yang dibiayai pemerintah pusat.

"Pemprov tidak pernah menghambat. Malahan kita telah melakukan langkah-langkah percepatan pembangunan Stadion Sudiang," kata Suherman dalam rilis yang diterima IDN Times, Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga: Suporter Tagih Progres Pembangunan Stadion di Sudiang Makassar

1. Pemprov siap berikan dokumen yang dibutuhkan Pemkot

Pemprov Sulsel Tegaskan Dorong Pembangunan Stadion Sudiang DipercepatIlustrasi dokumen. (IDN Times/Arief Rahmat)

Suherman menyatakan pihaknya siap memberikan dokumen yang dibutuhkan Kota Makassar untuk percepatan pembangunan stadion tersebut. Namun tentu dengan melihat dan sesuai dengan aturan yang ditentukan. 

Ada sejumlah langkah Pemprov Sulsel untuk mempercepat pembangunan Stadion Sudiang. "Di antaranya menyiapkan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang sementara proses dan dipersiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Sulsel dengan alokasi Rp 1 Miliar," kata Suherman.

Pemprov Sulsel juga bersurat ke Pemkot Makassar untuk menerbitkan dokumen analisis dampak lalu lintas (andalalin) Stadion Sudiang.

2. Pemprov berkoordinasi dengan stakeholder terkait

Pemprov Sulsel Tegaskan Dorong Pembangunan Stadion Sudiang DipercepatPeninjauan lokasi pembangunan Stadion Sudiang di Makassar, Minggu (12/5/2024)/Humas Pemprov Sulsel

Pemprov Sulsel juga telah menyurat kepada Otoritas Bandara Wilayah V Makassar terkait titik koordinat lokasi pembangunan Stadion Sudiang. Saat ini, progresnya masih sedang diukur.

Hal tersebut mengingat lokasi stadion dekat dari kawasan Bandara Sultan Hasanuddin. Karena itu, Pemprov Sulsel melibatkan Otoritas Bandara agar kehadiran stadion tidak mengganggu operasional di bandara.

"Kita juga sudah berkoordinasi dan Kementerian PUPR telah hadir di Makassar pada Jumat lalu, rapat dan melihat langsung lokasi pembangunan Stadion Sudiang, yang juga dihadiri oleh Otoritas Bandara," kata Suherman.

Pemprov juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkhusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR ). Pasalnya, Kementerian PUPR yang berwenang soal anggaran fisik stadion dan Detail Engineering Design (DED).

3. Pemprov dukung Pemkot bangun jalan akses

Pemprov Sulsel Tegaskan Dorong Pembangunan Stadion Sudiang DipercepatIlustrasi Infrastruktur jalan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulsel, Salehuddin, juga menegaskan bahwa pihaknya terus mendukung upaya percepatan pembangunan stadion itu. Pihak pemprov hanya menunggu anggaran setelah itu langsung menindaklanjuti pembangunan.

Dalam hal ini, pemprov juga mendukung Pemkot Makassar untuk membangun jalan akses penunjang ke kawasan GOR Sudiang. Hanya saja, aset lahan milik Pemprov Sulsel untuk pembangunan jalan itu harus dihibahkan dulu kepada Pemkot Makassar.

"Tidak ada sekali pun Pemprov menghambat terkait pembangunan stadion. Kalau memang Pemkot sudah siapkan anggarannya, kita langsung tindaklanjuti baik pinjam pakai atau hibah," kata Saleh.

Baca Juga: Stadion Sudiang Telah Dianggarkan di APBN, Pembangunan Mulai November

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya