Pemprov Sulsel Kucurkan Rp37 Miliar untuk Dua Proyek di Kabupaten Bone

Untuk Bandara Arung Palakka dan Bypas Sumpallabbu

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Bone sebesar Rp 37 miliar. Bantuan itu diserahkan pada acara HUT ke-692 Kabupaten Bone, Senin (28/3/2022).

Bantuan itu diperuntukkan bagi sejumlah pembangunan di Bone. Di antaranya jalan akses masuk Bandara Arung Palakka, jalan bypass Sumpallabu (Lilina Ajangale - Alinge), beberapa infrastruktur lainnya, dan subsidi tiket penerbangan.

"Yang pertama New By Pass Sumpallabbu (Lilina - Ajangale - Alinge) mudah diakses, kita punya alternatif. Insyaallah dengan bantuan keuangan. Kemudian untuk akses bandara (Arung Pallaka) kita perbaiki sekaligus untuk subsidi tiket," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

1. Sulsel alokasikan Rp724 miliar untuk Bone

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp37 Miliar untuk Dua Proyek di Kabupaten BoneIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Hingga saat ini tercatat lebih dari Rp724 miliar telah dialokasikan dari APBD Sulsel untuk pembangunan di daerah tersebut. 

"Alhamdulillah, sudah Rp 724 miliar APBD kita yang masuk ke Kabupaten Bone. Ini sebagai bentuk dukungan kita Pemerintah Provinsi dalam membantu pembangunan infrastruktur dan juga perekonomian di Kabupaten Bone," kata Sudirman.

2. Sebanyak Rp237 miliar untuk jalan dan jembatan

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp37 Miliar untuk Dua Proyek di Kabupaten BoneIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebanyak Rp237 miliar di antaranya alokasi anggaran dari APBD Sulsel Tahun Anggaran 2022. Dari total Rp237 miliar APBD yang dianggarkan Pemprov Sulsel pada tahun ini, lanjut Sudirman, dialokasikan untuk pembangunan sejumlah ruas jalan dan jembatan.

Di antaranya, rekonstruksi jalan ruas Ujung Lamuru-Palattae sepanjang 8 km dengan nilai Rp45,2 miliar dan pembangunan jembatan Palattae dengan nilai Rp5,3 Miliar.

"Untuk Bendung Lalengrie, tahun ini kembali kita anggarkan untuk penanganan jaringan pada daerah irigasi Lalangrie sebesar Rp6 miliar. Ini nantinya akan mendukung optimalisasi pengaliran air dari bendung ke area persawahan," jelas Sudirman.

Baca Juga: 4 Tahun Buron, Napi Korupsi Pembangunan Rumah Sakit di Bone Ditangkap 

3. Bantuan keuangan jadi pemicu pembangunan infrastruktur

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp37 Miliar untuk Dua Proyek di Kabupaten BoneIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi mengaku mendapat perhatian yang luar biasa kepada perkembangan dan pembangunan Kabupaten Bone. 

"Meski di masa pandemik COVID-19, komitmen Provinsi Sulawesi Selatan dalam mendukung program pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bone tetap berjalan. Seperti Jembatan Watu Kecamatan Cenrana dan Jembatan Solo Kecamatan Ponre," ungkapnya.

Alokasi bantuan keuangan Provinsi Sulawesi Selatan, kata dia, dari tahun ke tahun telah menangani jalan kabupaten yang strategis terhadap pengembangan perekonomian dari sektor pariwisata, maupun akses perlintasan kabupaten.

"Bantuan dan fasilitasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadi pemicu pembangunan di Kabupaten Bone," katanya.

Baca Juga: Profl Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi, Kenyang Pengalaman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya