Pemprov Sulsel Gelar Mudik Gratis, 500 Pemudik Diberangkatkan

Sebanyak 15 bus diberangkatkan ke 12 daerah tujuan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan program mudik gratis lebaran tahun ini. Total ada 500 pemudik yang diberangkatkan dari rumah jabatan Gubernur Sulsel hari ini, Sabtu (6/4/2024) pagi.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melepas langsung peserta mudik gratis. Ada 15 bus yang diberangkatkan dengan rute mudik dari Makassar ke Parepare, Sidrap, Siwa, Belopa, Palopo, Masamba, Malili, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Watampone dan Sinjai. 

"Kegiatan ini sudah kita rencanakan dan bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat Sulawesi Selatan yang merayakan hari raya Idulfitri di kampung," kata Bahtiar.

Baca Juga: Jelang Lebaran, PLN Berangkat Seribu Pemudik Gratis dari Makassar

1. Persilakan perusahaan gelar mudik gratis

Pemprov Sulsel Gelar Mudik Gratis, 500 Pemudik DiberangkatkanPj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Bahtiar mengatakan mudik gratis ini terlaksana atas kerja sama antara Pemprov Sulsel dengan Pemerintah Kota Makassar, TNI, Polri, Kejaksaan, dan Jasa Raharja. Meski begitu, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya apabila ada pihak lain yang ingin menggelar mudik gratis juga. 

"Kami juga memberikan kesempatan pada warga lainnya atau perusahaan silakan saja tapi tetap harus berkoordinasi dengan otoritas, dalam hal ini ada kepolisian," kata Bahtiar.

2. Pemudik dari berbagai kalangan

Pemprov Sulsel Gelar Mudik Gratis, 500 Pemudik DiberangkatkanPelepasan peserta mudik gratis di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (6/

Pemudik berasal dari kalangan masyarakat umum dan mahasiswa dan pelajar. Sebelum berangkat, mereka terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka juga menerima paket sembako serta makanan dan minuman untuk menemani selama perjalanan mudik.

Chica, pemudik tujuan Kabupaten Luwu, datang bersama saudara dan anaknya. Dia merasa terbantu dengan adanya mudik gratis ini.

"Saya ikut program mudik gratis, perjalanan jauh ke daerah, tadi sudah cek ke busnya alhamdulillah nyaman untuk saya termasuk yang membawa anak. Tadi juga ada pemeriksaan kesehatan dan sembako dibagikan," katanya.

3. Ada pemeriksaan kendaraan dan kesehatan

Pemprov Sulsel Gelar Mudik Gratis, 500 Pemudik DiberangkatkanPelepasan peserta mudik gratis di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu (6/

Sebelum berangkat, kendaraan harus melalui ramp check atau pemeriksaan. Ada pula asuransi Jasa Raharja untuk memberikan kepastian perlindungan selama di perjalanan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Sulsel. 

Lalu ada pemeriksaan kesehatan dan tes urine awak kendaraan untuk memastikan seluruh awak kendaraan dalam kondisi sehat fisik dan mental. Kemudian, pemeriksaan kesehatan secara umum serta pemberian vitamin dan obat-obatan kepada pemudik dan driver.

"Sejauh ini tidak ada yang sakit atau memiliki penyakit signifikan. Hanya kronik seperti hipertensi dan gula. Untuk driver semua dalam kondisi baik. Juga diberikan obat sesuai dengan hasil pemeriksaan. Multivitamin juga diberikan," kata dr. Frezzy dari Biddokes Polda Sulsel.

Baca Juga: Sulsel Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Deteksi Kemunculan Bibit Siklon

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya