Pemprov Pusatkan Salat Id di Pelataran Masjid Kubah 99 Makassar

Area terbuka bisa menampung hingga 10 ribu orang

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memusatkan salat Idul Adha1443 Hijriah tahun ini di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. 

Kepala Biro Kesejahteraan Setda Pemprov Sulsel, Iqbal Najamuddin, mengatakan, lokasi tersebut menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha pada Minggu 10 Juli 2022. Jadwal ini mengikuti jadwal yang ditetapkan pemerintah saat sidang isbat.

"Tanggal 10 sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah. Yang dipakai hanya pelatarannya seperti kemarin waktu Idul Fitri. Kita pakai hingga pelataran Lego-lego," kata Iqbal, saat dihubungi IDN Times, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Jatah Pembagian Daging Kurban Menurut Ulama, Boleh Dijual?

1. Bisa menampung hingga 10.000 orang

Pemprov Pusatkan Salat Id di Pelataran Masjid Kubah 99 MakassarSuasana kawasan wisata kuliner Lego-Lego yang sepi di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/7/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Iqbal menyebutkan kondisi pelataran masjid tersebut cukup baik saat digunakan untuk salat Idul Fitri lalu. Masyarakat juga sangat antusias mencoba salat di sana yang baru pertama kali digunakan.

"Bagus keadaan waktu Idul Fitri. Jadi kita ulangi lagi pakai pelataran itu. Kapasitasnya kemarin itu sampai 5.000-an. Kalau full bisa sampai 7.000 atau 10.000 orang, termasuk di depannya itu parkiran mobil," kata Iqbal.

2. Jemaah tetap harus memakai masker

Pemprov Pusatkan Salat Id di Pelataran Masjid Kubah 99 Makassarillustrasi salat berjemaah (dok. IDN Times/bt)

Jemaah yang akan berlebaran di sana tetap wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker. Petugas akan membagikan masker kepada orang yang akan memasuki area pelataran.

"Meski pun ada imbauan dari Bapak presiden kalau di luar ruangan sudah tidak perlu lagi menggunakan masker, cuma tetap kami dari panitia tetap membagikan masker yang di setiap jemaah yang masuk pada saat pelaksanaan salat Idul Adha," katanya.

3. Tidak ada pemotongan hewan kurban

Pemprov Pusatkan Salat Id di Pelataran Masjid Kubah 99 MakassarIlustrasi petugas kesehatan hewan memeriksa hewan kurban di peternakan (IDN Times/Bagus F)

Meskipun pelataran Masjid Asmaul Husna 99 Kubah telah digunakan salat Idul Adha, namun panitia tidak mengadakan pemotongan hewan kurban seperti lokasi lainnya. Pasalnya, sebagian bangunan masjid masih dalam tahap pembangunan.

"Untuk sementara tidak ada pemotongan hewan kurban karena kondisi masjid sekarang masih dipakai. Karena sementara pembangunan, khawatirnya nanti ada terganggu dengan aktivitas pembangunan," katanya.

Baca Juga: 14 Ketentuan dan Aturan Pelaksanaan Idul Adha-Hewan Kurban

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya