Pemprov Beri Bantuan Keuangan Jalan Seko-Rampi di Luwu Utara

Pemkab Luwu Utara targetkan pembukaan jalan tahun ini

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk pembukaan akses Jalan Seko dan Rampi. Total bantuan yang diberikan sekitar Rp14,5 miliar.

Bantuan itu diserahkan oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Senin (6/6/2022). Bantuan keuangan diharapkan untuk lanjutan pembangunan Jembatan Lawewe, pembangunan jalan terisolir pada ruas Seko - Rampi (Lore-Tedeboe), dan pembebasan lahan lokasi jaringan irigasi Bungadidi.

“Ini bentuk komitmen kami untuk masyarakat Luwu Utara,” ucap Sudirman.

Baca Juga: Gubernur Minta Dukungan Menteri PUPR Tuntaskan Jalan Seko-Rampi

1. Pembukaan jalan memudahkan aksesibilitas

Pemprov Beri Bantuan Keuangan Jalan Seko-Rampi di Luwu UtaraGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima kedatangan Pemkab Luwu Utara di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (6/6/2022). Humas Pemprov Sulsel

Hadirnya akses ini, kata Sudirman, akan memudahkan aksesibilitas yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Dia pun berharap bantuan keuangan ini segera direalisasikan oleh Pemkab Luwu Utara, khususnya untuk pembukaan jalan dari Kecamatan Seko dan Rampi.

“Kita minta segera direalisasikan. Kita harapkan jalan yang dibuat, betul-betul terbuka sampai Rampi. Terbuka akses yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Kita harap Pemda beri realisasi sesuai harapan dan melakukan percepatan-percepatan,” ujarnya.

2. Pemkab Luwu Utara segera tindak lanjut

Pemprov Beri Bantuan Keuangan Jalan Seko-Rampi di Luwu UtaraIDN Times/Asrhawi Muin

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara pun menyambut baik bantuan tersebut. Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan bantuan ini memberikan kepastian kepada masyarakat, bahwa pemerintah tidak tinggal diam tetapi mempersiapkan perencanaan dengan baik. 

Membangun tanpa perencanaan yang baik, kata Indah, tidak bisa memberikan manfaat yang sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu, Indah mengaku pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan terkait bantuan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih. Insyaallah, segera kami tindak lanjuti karena targetnya, pembukaan dan pelebaran jalan ruas Lore-Tedeboe ini dapat dituntaskan tahun ini sehingga peningkatannya bisa kita intervensi lagi tahun depan,” katanya.

3. Kondisi jalan di masih berlumpur

Pemprov Beri Bantuan Keuangan Jalan Seko-Rampi di Luwu UtaraKondisi jalan rintisan di Kecamatan Rampi, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. (Dok. Pemkab Luwu Utara)

Kecamatan Seko dan Rampi merupakan daerah terisolasi di Kabupaten Luwu Utara dengan akses berupa jalan rintisan. Selama ini, kondisi jalan di sana masih ada yang berlumpur dan belum diaspal. Sementara Jembatana Lawewe menjadi jalur alternatif dan penghubung antara kabupaten Luwu dan Kabupaten Luwu Utara melalui Lamasi.

Sebelumnya ramai kritik dan protes masyarakat di Rampi karena jalan rintisan tak kunjung dibenahi. Ada warga yang bahkan melempar wacana memindahkan Rampi ke wilayah Poso, Sulawesi Tengah, yang berbatasan langsung dengan desa mereka.

Baca Juga: Mahasiswa Luwu Raya Demo Tuntut Gubernur Sulsel Minta Maaf soal Rampi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya