Pemkot Makassar Targetkan Tanam 2.020 Pohon pada 2024

Upaya mendukung kesinambungan ruang terbuka hijau

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup sedang menggencarkan penanaman pohon tahun ini. Hal ini bertujuan mendukung kesinambungan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Makassar. 

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar, mengatakan sebanyak 2.020 pohon akan ditanam secara bertahap. Untuk tahap awal, Pemkot telah menanam 100 pohon di sejumlah ruas jalan Metro Tanjung Bunga pada Jumat (22/3/2024). 

"Kurang lebih sekitar 2.020 pohon secara keseluruhan dari jumlah pohon yang dilakukan pemangkasan dan penebangan di Karebosi. Tentunya dalam rangka mendukung bagaimana, kesinambungan dari RTH," kata Ferdy, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: 5 Kafe Keren di Makassar untuk Buka Puasa Sambil Nongkrong

1. Kompensasi untuk pohon terdampak revitalisasi Lapangan Karebosi

Pemkot Makassar Targetkan Tanam 2.020 Pohon pada 2024Karebosi

Penanaman pohon ini juga sebagai bentuk kompensasi untuk pohon-pohon yang terdampak proyek revitalisasi Lapangan Karebosi. Sejauh ini, ada 47 pohon yang dipangkas untuk mendukung proyek tersebut.

Pemangkasan pohon-pohon itu akan berimbas pada berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH). Maka dari itu, perlu adanya penanaman pohon baru agar menambah luasan RTH.

2. Pohon yang ditanam akan dirawat

Pemkot Makassar Targetkan Tanam 2.020 Pohon pada 2024ilustrasi bibit pohon (pexels.com/Akil Mazumder)

Untuk program ini, Ferdy menegaskan pohon-pohon ini bukan sekedar ditanam. Pohon-pohon yang telah ditanam akan benar-benar dijaga dan dirawat sehingga tumbuh dengan baik.

"Enam bulan kalau ada yang mati, kita tanam (lagi) sehingga kapasitas RTH betul-betul lebih meningkat," kata Ferdy. 

3. Penanaman pohon terus berlanjut

Pemkot Makassar Targetkan Tanam 2.020 Pohon pada 2024Warga melintas di area Pantai Losari dengan latar monumen Piala Adipura saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Adapun penanaman pohon akan terus berlanjut tahun ini. Setelah di Jalan Metro Tanjung Bunga, penanama pohon akan berlanjut di berbagai lokasi seperti Tallasa City, Jalan Pettarani, Jalan Hertasning, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. 

Jenis pohon yang ditanam yakni trembesi dan ketapang kencana. Pohon jenis itu dipilih karena merupakan rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Pohon jenis tersebut diketahui memiliki tingkat daya serap karbon dioksida yang tinggi. Selain itu, pohon jenis tersebut juga aman saat musim hujan.

Baca Juga: Antrean Panjang, BPKH Ajak Santri di Makassar Menabung Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya