Pemkot Makassar Siapkan Acara Malam Tahun Baru di Losari

Bakal ada pesta kembang api

Makassar, IDN Times - Setelah ditiadakan beberapa kali, Pemerintah Kota Makassar menyiapkan acara perayaan Tahun Baru 2024. Acara malam pergantian tahun rencananya dipusatkan dikawasan Pantai Losari.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan acara akan dipusatkan di Tugu MNEK. Namun dia masih enggan menyebutkan apa saja kegiatan yang merangkaikan malam pergantian tahun itu.

"Nanti saya umumkan sekaligus, sudah sepakat sama Pak Kapolrestabes, tahun baru kita akan bikin acara sepanjang Pantai Losari losari, di Tugu MNEK," kata Danny, Rabu (27/12/2023).

Pada tahun 2022, Pemkot Makassar meniadakan perayaan Tahun Baru karena maraknya banjir dan bencana. Sedangkan di tahun 2021 dan 2020, aktivitas masyarakat dibatasi karena pandemik COVID-19.

Baca Juga: Sepanjang 2023, Total Kasus Kebakaran di Makassar Capai 398 Kasus

1. Bakal ada pesta kembang api

Pemkot Makassar Siapkan Acara Malam Tahun Baru di LosariPantai Losari di malam pergantian tahun. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Danny menyebutkan salah satu kegiatan pada malam tahun baru 2024 nanti adalah akan ada pesta kembang api. Biasanya kembang api akan dinyalakan jelang pukul 00.00 WITA sebagai tanda tahun telah berganti.

"Termasuk salah satu itu (kembang api) tadi saya diskusi teman-teman dari kepolisian minta supaya orang tidak tersesat," kata Danny.

2. Ada salat subuh berjemaah

Pemkot Makassar Siapkan Acara Malam Tahun Baru di LosariRibuan orang mengikuti salat subuh berjemaah di anjungan Pantai Losari Makassar, Kamis (30/3/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Namun sebelum itu, Pemkot Makassar juga akan melaksanakan ibadah Salat Subuh berjemaah dengan tema Refleksi Keimanan Akhir Tahun 2023. Salat Subuh ini akan digelar pada Jumat 29 Desember 2023.

Seluruh ormas akan diundang, termasuk RT/RW, ASN maupun Laskar Pelangi Kota Makassar. Rangkaiannya sama dengan kegiatan Salat Subuh berjemaah yang biasa dilaksanakan Pemkot di Pantai Losari yang dirangkaikan dengan ceramah agama," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Makassar, Syarif.

"Mumpung ini akhir tahun, sekaligus kita angkat tema Refleksi Keimanan di Akhir Tahun 2023," katanya.

3. Sempat ditiadakan tahun lalu

Pemkot Makassar Siapkan Acara Malam Tahun Baru di LosariANTARA FOTO/Arnas Padda

Tahun lalu, Pemkot Makassar meniadakan perayaan malam Tahun Baru yang biasanya dipusatkan di anjungan Pantai Losari. Pasalnya pada saat itu banyak masyarakat yang tengah dilanda bencana seperti banjir, angin kencang dan banjir rob.

Saat itu, Danny hanya meminta masyarakat merayakan malam Tahun Baru di rumah sembari berzikir dan berdoa. Dia juga mengimbau ketua RT/RW untuk menggalakkan kerja bakti.

Baca Juga: BMKG IV Prakirakan Malam Tahun Baru di Makassar Tidak Turun Hujan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya