Pemkot Makassar Berencana Uji Coba Starlink di 10 Titik

Untuk akses internet di kawasan padat penduduk

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar segera memasang jaringan internet Starlink besutan Elon Musk. Dalam waktu dekat, Starlink bakal dipasang di 10 titik sebagai uji coba pertama. 

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyatakan bahwa untuk pengadaan Starlink uji coba ini, dia akan menggunakan dana pribadinya.

"Insya allah kita menunggu dulu anggaran. Kebetulan ada biaya operasional saya yang pribadi itu saya coba dulu. Coba beli 10 dulu," kata Danny, Senin (2/6/2024).

Baca Juga: Pemkot Makassar Anggarkan Rp12 Miliar buat Pasang Internet Starlink

1. Starlink dipasang di lokasi padat penduduk

Pemkot Makassar Berencana Uji Coba Starlink di 10 TitikWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (IDN Times/Istimewa)

Untuk tahap uji coba ini, Starlink bakal dipasang di enam pulau di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang dan empat lorong wisata di wilayah daratan Kota Makassar. Sepuluh lokasi tersebut merupakan lokasi padat penduduk. Uji coba itu bertujuan untuk mengetahui sampai di mana jangkauan jaringan Starlink. 

"Nanti dilihat mana yang padat, supaya bisa kita lihat sampai mana dia punya pengaruh. Supaya bisa kita tahu berapa yang harus kita beli. Karena saya dengar itu cukup besar dan kuat. Enam di kecamatan Sangkarrang. Kalau tidak salah.

2. Pengadaan akses internet Starlink dianggarkan Rp12 miliar

Pemkot Makassar Berencana Uji Coba Starlink di 10 Titikilustrasi anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk pengadaan Starlink, Pemkot Makassar mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar. Namun untuk saat ini, anggaran tersebut belum ada sehingga belum bisa digunakan. 

"Untuk semua Rp12 miliar. Tapi untuk Rp10 miliar ini belum pakai anggaran itu. Saya beli pakai biaya operasional wali kota," kata Danny.

3. Sistem internet sedang direvisi

Pemkot Makassar Berencana Uji Coba Starlink di 10 Titikilustrasi internet (pexels.com/caio)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar menyatakan akan mengganti layanan internet WiFi di Lorong Wisata dengan jaringan Starlink. Jaringan ini untuk meningkatkan pengawasan Lorong Wisata.

Sistem internet yang selama ini dikelola kecamatan sedang direvisi. Selain itu, layanan di lorong-lorong juga sedang diperkuat. Belum lagi adanya CCTV yang butuh jaringan internet. Maka dari itu, Starlink dianggap sebagai angin segar untuk jaringan internet yang lebih lancar.

Baca Juga: Lelang Sekda Makassar, 5 Calon Tunggu Hasil Asesmen, Siapa Saja?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya