Pelindo Jasa Maritim Sediakan Dua Rute Mudik Gratis di Sulsel

Program mudik gratis menggunakan bus

Makassar, IDN Times - PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis jelang hari raya Idul Fitri 2024. Pelindo menyediakan dua rute tujuan yaitu Makassar–Palopo dan Makassar - Bulukumba dengan titik start dari Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

"Mudik Gratis yang digelar oleh SPJM ini merupakan bagian dari program Mudik Gratis Bersama BUMN dan Pelindo Group merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan," kata Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, dalam siaran persnya, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga: 5 Cara dan Tips Pertama Kali Ikut Mudik Gratis 2024

1. Tersedia bus untuk dua rute

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Dua Rute Mudik Gratis di SulselIlustrasi mudik. Dok. Humas Pemkot Bandung

Tahun ini SPJM akan menyediakan sebanyak 270 kursi untuk rute tujuan Makassar - Palopo. Sementara untuk rute tujuan Makassar–Bulukumba, SPJM menyediakan sebanyak 30 kursi.

“Kami menyediakan bus yang nyaman untuk dipakai selama mudik nanti. Bagi setiap penumpang nantinya juga akan mendapatkan nasi dos, takjil, minuman sebagai bekal dalam perjalanan.” kata Patrick.

2. Pemudik bakal dilepas di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Dua Rute Mudik Gratis di SulselPelabuhan Makassar mengenakan tarif Rp5 ribu bagi pejalan kaki. (IDN Times/Dahrul Amri)

Seperti tahun lalu, peserta mudik gratis akan dilepas di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar. Patrick menjelaskan pemudik adalah masyarakat yang turun di Pelabuhan Makassar dan masyarakat umum yang akan balik ke kampung halamannya di Palopo dan Bulukumba, serta beberapa kabupaten yang dilalui bus tersebut. 

Palopo berada di bagian utara Sulawesi Selatan. Jaraknya lebih dari 370 km dari Makassar. Untuk menuju kota ini, butuh waktu tempuh sekitar 9-10 jam perjalanan. Beberapa kabupaten yang dilalui sebelum tiba di Palopo adalah Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Sidrap.

Sementara Bulukumba berada di ujung selatan Pulau Sulawesi dengan jarak tempuh sekitar 164 km dari Makassar. Umumnya, kabupaten ini ditempuh dalam 5 jam perjalanan.

“Saya berharap program ini dapat mengantarkan saudara semua untuk tiba dengan selamat di tempat tujuan dan berkumpul bersama keluarga tercinta pada hari raya Idul Fitri nanti, ”kata Patrick.

3. Mekanisme pendaftaran

Pelindo Jasa Maritim Sediakan Dua Rute Mudik Gratis di SulselSejumlah penumpang berada di dalam bus yang akan berangkat di Terminal Regional Daya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (18/4/2023). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Adapun mekanisme pendaftarannya yaitu peserta belum pernah mendaftar pada program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi manapun. Kemudian, calon pemudik wajib mengisi data diri sesuai pada KTP dan KK.

Formulir wajib diisi calon pemudik dan tidak bisa diwakilkan. Jika kuota terpenuhi, maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang telah ditetapkan penyelenggara.

“Kami berharap para calon pemudik yang ingin memanfaatkan kuota gratis ini agar segera mendaftarkan diri melalui link yang disebar di media sosial SPJM, antara lain di Instagram SPJM @pelindomaritim.” kata Patrick.

Selanjutnya, calon pemudik dapat memindai barcode atau kode batang yang akan mengantarkan mereka ke nomor kontak sesuai rute yang dipilih nantinya.

“Tim kami setiap saat akan membantu saudara-saudara yang berminat untuck mengikuti program ini, “Kata Patrick.

Baca Juga: Ini Kuota, Rute, dan Jadwal Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya