Peletakan Batu Pertama Stadion di Sudiang Ditargetkan Juli Tahun Ini

Rencana pembangunan stadion mulai dibahas

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto mengisyaratkan pembangunan stadion baru segera dimulai. Peletakan batu pertama pembangunan stadion yang disiapkan di kawasan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, ditargetkan terlaksana pada Juli 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto setelah mengikuti rapat dengan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Senin (26/2/2024) malam. Hari ini, Selasa (27/2/2024), Danny dan Bahtiar menghadap Presiden Joko Widodo, salah satunya untuk membahas rencana pembangunan stadion.

"Targetnya beliau (Pj Gubernur) bulan tujuh (Juli) groundbreaking," kata Danny di Kantor Gubernur Sulsel.

Baca Juga: Bahtiar Minta Danny Bangun Akses Jalan untuk Stadion di Sudiang

1. Pemkot Makassar turut dalam pembuatan infrastruktur penunjang

Peletakan Batu Pertama Stadion di Sudiang Ditargetkan Juli Tahun IniIlustrasi proyek pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok Dispora Sulsel

Pemerintah Kota Makassar juga akan terlibat dalam pembangunan stadion baru di kawasan olahraga Sudiang. Dalam hal ini, Pemkot akan membangun jalur akses menunju bangunan stadion.

Danny menyampaikan pihaknya akan membahas perencanaan pembangunan ini. Dirinya juga ikut bersama Bahtiar ke Jakarta menghadap Presiden Joko Widodo untuk membahas sejumlah perencanaan pembangunan termasuk stadion.

"Pertama stadion, beliau menyampaikan bahwa seminggu ini harus dipersiapkan karena ini menyangkut Mamminasata dan jalan lingkar," katanya.

2. Danny klaim tak ganggu kawasan penerbangan

Peletakan Batu Pertama Stadion di Sudiang Ditargetkan Juli Tahun IniWali Kota Makassar, Danny Pomanto. IDN Times/Ashrawi Muin

Danny juga menambahkan pembangunan stadion di Sudiang tidak akan menggangu kawasan penerbangan. Hal ini memang sempat menjadi kekhawatiran karena lokasi stadion itu nantinya cukup dekat dengan Bandara Sultan Hasanuddin.

"Tanah cukup. KKOP (Kawasan Keselamatan Operasio Penerbangan) saya lihat cukup aman. Infrastruktur pemerintah kota yang bikin. Jadi kita bagi tugas," kata Danny.

Terkait AMDAL, Danny merasa hanya perlu dilengkapi. Hal ini karena lokasi tersebut sudah menjadi kawasan olahraga.

"Sama orang bangun rumah, sudah ada IMB lamanya, tinggal dilanjutkan tapi memang di situ ada stadion. Jadi saya kira bisa lebih cepat kalau dikerja bareng ini dua bulan selesai itu AMDAL," kata Danny.

3. Danny perkirakan anggaran Rp200 miliar

Peletakan Batu Pertama Stadion di Sudiang Ditargetkan Juli Tahun IniIlustrasi uang (IDN Times/Nathan Manaloe)

Danny pun memperkirakan biaya untuk pembangunan jalur akses itu sebesar Rp200 miliar. Anggaran itu akan dialihkan dari ABBD Perubahan tahun 2024.

"Kalau anggaran saya coba hitung-hitung di Kota Makassar sekitar Rp200 miliar, kira-kira kita siapkan untuk menyelesaikan itu," kata Danny. 

Baca Juga: Jokowi Janji Bangun Stadion Megah di Sulsel, Lokasinya di Sudiang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya