Pelajar SMA se-Sulsel Deklarasi Pemilu Damai 2024

Pelajar antusias dengan pemilu

Makassar, IDN Times - Pelajar SMA, SMK dan SLB se-Sulawesi Selatan (Sulsel) mendeklarasikan pemilu damai tahun 2024 di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024). Deklarasi ini diwakili oleh Ketua OSIS se-Sulsel. 

Deklarasi juga diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulawesi Selatan dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Sulsel. Deklarasi ini diharapkan agar para pelajar bisa menjadi pelopor pemilu damai.

Muhammad Abtar selaku Ketua Umum Osis Provinsi Sulawesi Selatan yang juga siswa dari SMA Negeri 9 Makassar, mengaku sangat termotivasi dengan deklarasi ini. Menurutnya, banyak pelajaran bagi mereka yang masih tergolong pemilih pemula.

"Semoga teman-teman yang hadir pada hari ini seluruh ketua OSIS bisa mencerna lebih baik lagi apa yang telah dipaparkan oleh Pj Gubernur," kata Abtar.

1. Antusias sebagai pemilih pemula

Pelajar SMA se-Sulsel Deklarasi Pemilu Damai 2024Para pelajar tingkat SMA mengikuti deklarasi pemilu damai di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Abtar menuturkan rata-rata pemilih pemula mendukung kandidat yang dipilihnya melalui media sosial. Ke depannya, mereka membagikan hal-hal positif terkait pemilu dan mengajak teman-temannya untuk menjadi pemilih yang adil, jujur dan amanah sesuai deklarasi.

"Sebagai pemilih pemula tentu antusiasnya sangat tinggi karena tahun ini adalah tahun pertama bagi teman-teman pelajar untuk bisa memilih langsung calon pemimpin untuk Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan," kata Abtar

2. Diharapkan menjadi pelopor pemilu damai

Pelajar SMA se-Sulsel Deklarasi Pemilu Damai 2024Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin saat deklarasi pemilu damai bersama para pelajar di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Deklarasi pemilu damai tersebut merupakan inisiasi Kapolda Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan para pelajar sangat penting untuk hadir dalam deklarasi pemilu damai.

Bahtiar berharap, seluruh Ketua OSIS se-Sulsel ini dari SMA, SMK dan SLB, ini bisa menjadi pelopor Pemilu Damai 2024 ini. Mereka juga diharapkan bersama-sama mencegah hoaks dan informasi yang tidak benar. 

"Menghadapi Pemilu, kita fokus dan kita pastikan tidak ada hoaks dan tidak ada penyebaran informasi yang tidak benar. Kita semua sama-sama sukseskan Pemilu Damai di Sulsel," kata Bahtiar. 

2. Mengajak pelajar gunakan hak pilih

Pelajar SMA se-Sulsel Deklarasi Pemilu Damai 2024dok. pribadi/Basori Mukhti

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, mengajak pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang. Dia berharap para pemilih pemula benar-benar menyalurkan hak pilihnya sehingga berpartisipasi dalam memilih pemimpin bangsa.

"Kita berharap pada saat Pemilu nantinya akan meningkat partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula di Sulsel. Pada tahun 2019, 83 persen partisipasi pemilih, diharapkan tahun ini naik partisipasi pemilih di Sulsel," katanya.

Adapun dalam deklarasi ini, para pelajar menyatakan siap mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kemudian, mereka juga siap mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi sara, dan politik uang. 

Baca Juga: OMS Kawal Pemilu Sulsel Buka Aduan ASN Tidak Netral di Pemilu

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya