Pasien COVID-19 Sembuh usai Isolasi Apung di Makassar Terus Bertambah

Ada 43 orang yang sembuh hari ini

Makassar, IDN Times - Sebanyak 43 pasien positif COVID-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dinyatakan sembuh hari ini, Selasa (10/8/2021), setelah menjalani isolasi apung di atas kapal KM Umsini. Mereka pun diperbolehkan pulang. 

Hal itu disampaikan Tim Dokter KM Umsini dr. Udin Shaputra Malik melalui siaran pers. Sebelumnya, pasien yang tersisa berjumlah 98 orang.

"Sehingga total yang pulang hari ini dari 98 orang pasien di KM Umsini adalah 43 orang," kata Dokter Udin.

1. Warga bergejala diminta segera melapor ke Puskesmas terdekat

Pasien COVID-19 Sembuh usai Isolasi Apung di Makassar Terus BertambahSeorang pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) menjalani isolasi terpusat di atas KM Umsini, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Menurut Dokter Udin, petugas kesehatan di fasilitas Isolasi Apung terus berkoordinasi dengan Puskesmas di Kota Makassar untuk membantu pasien yang ingin menjalani isolasi di KM Umsini.

"Kepada warga yang mengalami gejala kami minta segera melaporkan diri ke Puskesmas untuk dilakukan tes. Sehingga Pemkot Makassar bisa memutus mata rantai COVID-19," katanya.

Sebagai informasi, pasien isolasi di KM Umsini merupakan pasien rujukan dari Puskesmas di Kota Makassar.

2. Pasien yang pulang diberikan surat keterangan dan sertifikat

Pasien COVID-19 Sembuh usai Isolasi Apung di Makassar Terus BertambahPetugas menurunkan sampah dari atas KM Umsini yang menjadi lokasi isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Juru Bicara Makassar Recover Henni Handayani juga mengatakan, pasien yang pulang akan diberikan surat keterangan isolasi dan sertifikat dari Dinas Kesehatan. 

Henni menambahkan, jumlah pasien sembuh yang dibolehkan pulang hari ini adalah kontribusi nyata isolasi apung membantu warga melakukan isolasi.

"Tim Isolasi Apung berupaya memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan prosedur kesehatan sehingga pasien bisa menjalani isolasi dengan baik," kata Henni.

Baca Juga: Ini Fasilitas Kapal Isolasi Apung di Makassar, Pasien OTG Bisa Mancing

3. Tersisa 55 pasien

Pasien COVID-19 Sembuh usai Isolasi Apung di Makassar Terus BertambahSejumlah pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) berjemur di atas KM Umsini, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Hingga kini, Pemkot Makassar masih terus menerima warga yang ingin menjalani isolasi apung di KM Umsini. Fasilitas ini diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan.

Mereka yang akan isolasi di sini akan diantar menggunakan kapal kecil menuju KM Umsini yang berlabuh di sekitar Pulau Lae-lae Makassar. 

Sejak beroperasi 2 Agustus lalu, tercatat ada 116 pasien yang telah isolasi di kapal tersebut. Saat ini masih ada 55 orang yang isolasi di atas KM Umsini.

Baca Juga: 8 Potret Situasi Pasien COVID Makassar Isolasi Apung di Atas KM Umsini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya