PAN Selangkah Lagi Usung Sudirman di Pilgub Sulsel 2024

Surat rekomendasi diserahkan setelah Sudirman pulang umrah

Intinya Sih...

  • Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengajukan eks Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman sebagai bakal calon gubernur selanjutnya.
  • PAN memilih Sudirman karena selalu berada di urutan teratas dalam lembaga survei dan saat ini dipasangkan dengan Fatmawati Rusdi, eks Wakil Wali Kota Makassar.
  • Rekomendasi PAN untuk Sudirman ditunda karena sedang melaksanakan ibadah umrah, namun pasangan tersebut telah mendapat rekomendasi dari dua parpol lainnya yaitu NasDem dan Demokrat.

Makassar, IDN Times - Sebulan jelang tahap pendaftaran Pilkada 2024, partai politik (parpol) terus menjaring bakal calon kepala daerah. Sejumlah parpol bahkan sudah mengarahkan dukungannya kepada kandidat tertentu.

Kali ini, Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan mengajukan eks Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman untuk menjadi bakal calon gubernur selanjutnya. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Ashabul Kahfi, tidak memungkiri hal tersebut.

"PAN Sulsel ke Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi, akan diserahkan dalam waktu dekat," kata Kahfi kepada wartawan, Jumat (26/7/2024).

1. PAN pertimbangkan hasil survei

PAN Selangkah Lagi Usung Sudirman di Pilgub Sulsel 2024Pilkada serentak 2024 telah terasa setelah beberapa masyarakat mulai memberi dukungan.(IDN Times/Dok.KPU)

Kahfi menjelaskan salah satu alasan PAN memilih Sudirman untuk berkontestasi di Pilgub Sulsel. PAN mempertimbangkan posisi Sudirman yang selalu berada di urutan teratas dalam setiap lembaga survei.

Saat ini, Sudirman telah dipasangkan dengan Fatmawati Rusdi, eks Wakil Wali Kota Makassar yang kini berstatus Anggota DPR RI terpilih.

"Kita memilih mengusung Andi Sudirman - Fatmawati Rusdi karena melihat hasil survei," kata Kahfi.

2. Surat rekomendasi diserahkan setelah Sudirman pulang umrah

PAN Selangkah Lagi Usung Sudirman di Pilgub Sulsel 2024Pasangan bakal calon gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi. (Dok. Istimewa)

Kahfi menjelaskan partainya belum bisa memberikan rekomendasi secepatnya karena Sudirman sedang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci. Karena itu, pihaknya harus menunggu beberapa hari hingga Sudirman berada di Kota Makassar.

"Intinya Pak ASS (Andi Sudirman Sulaiman) pulang umrah langsung diserahkan," kata Kahfi.

Baca Juga: Gerindra Belum Pastikan Rekomendasi Pilgub Sulsel untuk Sudirman-Fatma

3. Sudirman resmi kantongi dua rekomendasi parpol

PAN Selangkah Lagi Usung Sudirman di Pilgub Sulsel 2024Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan surat rekomendasi Pilgub Sulsel kepada Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi, di kantor Demokrat, Jakarta, Jumat (19/7/2024). (YouTube Demokrat)

Sementara itu, pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi telah mengantongi rekomendasi dari dua parpol yaitu NasDem dan Demokrat. Sebelumnya, Sudirman memang sempat mengembalikan formulir pendaftarannya kepada PAN pada Senin (22/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Sudirman merasa senang karena diterima langsung pimpinan DPW PAN Sulsel. Menurutnya, ini karena dia telah lama menjalin hubungan yang baik denga PAN.

Sudirman mengaku hanya mengikuti prosedur yang ada. Bahkan kalau perlu, semua partai akan didaftar baik parpol yang mengusung maupun tidak.

"Pada intinya semakin banyak juga semakin bagus untuk kami karena itu artinya hubungan komunikasi selama ini baik," kata Sudirman.

Baca Juga: Belum Dapat Gerindra di Pilgub Sulsel, Sudirman Ungkit Pilpres 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya