Ojol Day Diberlakukan, Wali Kota Makassar Naik Ojek Online ke Kantor 

Gojek beri diskon khusus untuk ASN saat Ojol Day Makassar 

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mulai memberlakukan Hari Ojol atau Ojol Day hari ini, Selasa (20/9/2022). Seluruh pegawai lingkup Pemkot Makassar mulai dari ASN, tenaga Laskar Pelangi, dan pegawai BUMD, diharuskan menggunakan ojek online (ojol) untuk berangkat ke kantor.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto pun berangkat dari kediaman pribadinya di Jalan Amirullah, menuju kantornya di Balai Kota Makassar yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani dengan menggunakan layanan ojol. Dia memesannya melalui aplikasi layanan penyedia ojol.

"Dulu saya kan naik motor, kuliah naik motor, sampai konsultan naik motor, membina konsultan naik motor. Saya biasa naik motor, anak lorong, lebih nikmat saya rasa naik motor, mengenang masa lalu karena pacaran ka juga saya naik motor," kata Danny.

1. Ojol Day disebut kurangi penggunaan BBM

Ojol Day Diberlakukan, Wali Kota Makassar Naik Ojek Online ke Kantor Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menggunakan ojek online menuju Balai Kota Makassar, Selasa (20/9/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Danny mengatakan Ojol Day di Makassar ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan BBM. Dia menganalogikan jika 22.800 pegawai Pemkot Makassar tidak menggunakan kendaraan pribadinya dalam satu hari saja maka setidaknya bisa menghemat 100 liter BBM. 

Dia juga mengkalim penggunaan Ojol bisa mengurangi kemacetan karena berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi. Selain itu, biaya yang bisanya digunakan untuk membeli bensin bisa lebih hemat dan dipakai untuk ojol sehingga menambah penghasilan ojol. 

"Tiga manfaat pertama ojol kita perkuat, kedua penggunaan bensin berkurang, ketiga mengurangi padatnya lalu lintas," katanya.

2. Driver mengaku bangga antar wali kota

Ojol Day Diberlakukan, Wali Kota Makassar Naik Ojek Online ke Kantor Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menggunakan ojek online menuju Balai Kota Makassar, Selasa (20/9/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Arianto Arief (36), salah seorang driver mengaku senang karena bisa mengantar langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berangkat ke kantor.

“Alhamdulillah saya bangga bisa membonceng pak wali berangkat ke kantor”ucap Arianto.

Sebagai driver Gojek, dia menyambut baik kebijakan Ojol Day ini. Dia meyakini Ojol Day akan menambah penghasilan para pengemudi ojol.

"Harapan kami tentunya dengan adanya program ini dapat menjadi salah satu langkah yang bisa memberikan dampak positif terhadap pendapatan kami," katanya.

Baca Juga: Organda Sulsel Nilai Ojol Day Makassar Diskriminatif pada Sopir Angkot

3. Gojek berikan promo khusus ASN

Ojol Day Diberlakukan, Wali Kota Makassar Naik Ojek Online ke Kantor Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menggunakan ojek online menuju Balai Kota Makassar, Selasa (20/9/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Gojek sebagai salah satu penyedia layanan ojek online mendukung program yang dicanangkan Pemkot Makassar itu. Hal itu juga merupakan wujud dukungan pada keberlangsung pendapatan Mitra Driver Gojek.

District Head Gojek Sulawesi, Adwin Pratama Anas, mengatakan pihaknya menyambut baik program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Makassar dengan menetapkan Ojol Day di setiap hari Selasa. 

"Inisiatif ini tentunya dapat membantu pendapatan mitra driver yang juga turut terdampak dengan kenaikan harga BBM saat ini, ini akan menjadi kabar baik dan apresiasi kepada mitra driver Gojek yang selama ini telah banyak berperan sebagai urat nadi logistik dan mobilitas masyarakat di kota Makassar," kata Adwin.

Dukungan Gojek salah satunya dengan memberikan promo khusus bagi ASN yang akan berangkat menuju dan pulang dari Balai Kota. Kebutuhan akan kualitas layanan teknologi yang tinggi serta program-program promosi untuk semakin membantu memastikan tersedianya order yang berkelanjutan akan diterima mitra driver di tengah kondisi kenaikan tarif saat ini.

"Para ASN dapat memanfaatkan kode promo khusus bagi ASN yang akan menuju beberapa titik kantor pemerintahan kota Makassar yakni di kantor Balaikota, kantor Gabungan Dinas dan Dinas Pelayanan Umum dengan kode promo GOJEKOJOLDAY. Harapan kami dengan adanya program hari transportasi publik ini mitra driver bisa mendapatkan meningkatkan pendapatan khususnya di pagi hari dan jam pulang kantor," kata Adwin.

Baca Juga: Danny Klaim Ojol Day Pemantik Warga Makassar Pakai Transportasi Publik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya