Musim Kemarau, Pemkot Makassar Imbau Warga Waspadai Kebakaran

Kasus kebakaran marak di tengah musim kemarau

Makassar,IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mengimbau kepada seluruh warga, agar waspada potensi kebakaran di musim kemarau. Kasus kebakaran kerap terjadi belakangan ini.

Musim kemarau tahun ini diprediksi lebih panjang dari tahun sebelumnya. Karena itu, potensi kebakaran juga cukup tinggi.

"Kita selalu memberi imbauan kepada masyarakat untuk waspada (kebakaran) karena ini musim kemarau," kata Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, saat ditemui di Hotel Four Points, Makassar (13/9/2023).

Baca Juga: Atap SMK di Makassar Rusak Disapu Angin Kencang

1. Imbauan disampaikan di masjid

Musim Kemarau, Pemkot Makassar Imbau Warga Waspadai KebakaranIlustrasi Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Imbauan kepada masyarakat, kata Fatma, juga disampaikan melalui masjid-masjid. Selain itu, imbauan juga disampaikan melalui giat kegiatan di tingkat RT/RW. 

"Menyampaikan kepada masyarakat kita lebih waspada karena ini musim kemarau. Itu sangat mudah pemicu terjadinya kebakaran. Itu langkah preventif yang harus dilakukan," kata Fatma.

2. Pemkot kerahkan Pekarong dan Damtor

Musim Kemarau, Pemkot Makassar Imbau Warga Waspadai KebakaranKendaraan damtor yang dihadirkan Pemkot Makassar, Rabu (28/9/2022). Dok Humas Pemkot Makassar

Fatma juga mengatakan pihaknya telah mengerahkan Pekarong (pemadam kebakaran lorong) dan damtor (pemadam kebakaran motor). Pekarong dan damtor ini dimaksudkan sebagai pertolongan pertama apabila terjadi kebakaran.

"Kan kita sudah punya Pekarong sama Damtor. Kira berharap itu," kata Fatma.

3. Kasus kebakaran marak di tengah musim kemarau

Musim Kemarau, Pemkot Makassar Imbau Warga Waspadai KebakaranIlustrasi kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Dalam beberapa hari terakhir, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar menerima laporan kebakaran di sejumlah lokasi. Bahkan pada Senin 11 September 2023, Damkar menerima laporan 9 kasus kebakaran.

Dari data yang dihimpun, kejadian kebakaran itu yakni objek laundry dan warkop di Jalan Faisal, Banta-bantaeng. Kemudian, gudang pengelolaan limbah Pemprov Sulsel di Jalan Kima 10 Biringkanayya. 

Berikutnya, dua kasus kebakaran alang-alang di Jalan Metro Tanjung Bunga. Kebakaran juga terjadi di Perumahan Pavvilion Jalan Metro Tanjung Bunga dan Perumahan Villa Sudiang Sejahtera.

Selanjutnya, kebakaran juga terjadi di rumah Dinas Dirlantas Polda Sulsel di Jalan Sulan Alauddin. Lalu kebakaran lahan alang-alang di Kecamatan Manggala dan kebakaran di Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate.

Baca Juga: 444 Pengendara Terjaring Operasi Zebra 2023 di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya