Masjid 99 Kubah Diresmikan, Ikon Baru Wisata Religi di Sulsel

Punya daya tampung 13.000 jemaah

Makassar, IDN Times - Masjid Kubah 99 Asmaul Husna atau Masjid 99 Kubah diresmikan pada Minggu (20/8/2023). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Pembangunan masjid ini memiliki sejarah cukup panjang sejak 2017. Proses grounbreaking dilaksanakan di era Gubernur Syahrul Yasin Limpo. Kemudian sempat terhenti di era Nurdin Abdullah karena ada proses audit pada 2019. Lalu pembagunan dilanjutkan kembali di era Andi Sudirman Sulaiman pada 2021. 

Meski baru diresmikan, masjid ini telah dimanfaatkan sejak 12 Maret 2022 lalu. Kini setelah diresmikan, Masjid 99 Kubah disebut menjadi ikon baru wisata religi di Sulawesi Selatan. 

"Diharapkan dengan selesainya dan diresmikannya pembangunan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna ini bisa menjadi ikon wisata religi di Sulsel," kata Sudirman.

1. Punya daya tampung 13.000 jemaah

Masjid 99 Kubah Diresmikan, Ikon Baru Wisata Religi di SulselMasjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Masjid 99 Kubah dibangun di lahan seluas sekitar 2 hektar. Masjid ini memiliki kapasitas sekitar 13.075 orang jamaah, baik di ruang utama Masjid, mezzanine, dan pelataran suci. 

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang, menyebutkan dengan rincian sekitar 3.800 jemaah laki-laki dan 1.008 jemaah perempuan, dan sekitar 8.000 untuk pelataran suci. 

"Apabila ternyata nanti para jemaah meluber itu bisa ditampung di pelataran suci," kata Darmawan.

2. Tersedia lahan parkir memadai

Masjid 99 Kubah Diresmikan, Ikon Baru Wisata Religi di SulselBagian dalam Masjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Selain itu, tersedia lahan parkir yang bisa menampung kendaraan sekitar 235 unit kendaraan roda empat. Namun ada juga lahan parkir basemen yang bisa menampung 100 kendaraan. 

Tersedia pula 42 toilet untuk masing-masing pria dan wanita. Kemudian ada titik-titik kran untuk berwudhu sebanyak 143 buah.

"Jadi bisa jemaah perempuan dan laki-laki bersamaan wudhu sekitar 286. Ini tentu sesuai dengan daya tampung dan untuk mengurangi beban antrian," kata Darmawan.

3. Dilengkapi air mancur menari

Masjid 99 Kubah Diresmikan, Ikon Baru Wisata Religi di SulselBagian dalam Masjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Keunikan lainnya yaitu ada sebuah air mancur yang melengkapi kawasan tersebut. Air mancur ini diklaim sebagai yang terbesar kedua di Indonesia setelah di Jawa Timur.  

Air mancur ini memiliki panjang sekitar 7 meter dan lebar 6 meter. Air mancur ini didesain bisa menari mengikuti suara musik maupun suara orang yang sedang bernyanyi. 

"Ini merupakan salah satu air mancur terbesar kedua di Indonesia yang kapasitas tampung sekitar air 1.000 kubik dan ini juga merupakan bagian dari sarana hiburan terutama masyarakat yang ada di Kota Makassar," kata Darmawan.

4. Punya desain unik

Masjid 99 Kubah Diresmikan, Ikon Baru Wisata Religi di SulselMasjid 99 Kubah di Makassar (instagram.com/ifan_rosandy)

Masjid ini juga diklaim sebagai salah satu dari 10 masjid unik di Indonesia yang memiliki arsitektur modern-futuristik. Sesuai dengan namanya, Masjid 99 Kubah memiliki kubah berjumlah 99 buah, dengan filosofi 99 Asmaul Husna. 

"Kubahnya 99. Yang di sini (bangunan masjid) 98, yang 1-nya di menara masjid. Tingginya 66 meter. Kemarin kita rencana sebenarnya mau 99 tapi dari sisi artistik dengan ketinggian kita putuskan untuk memangkas sekitar 33 meter. Jumlahnya 66 meter," kata Darmawan.

Baca Juga: Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Diresmikan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya