Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Siap Difungsikan, Alhamdulillah!

Bisa digunakan saat Ramadan tahun ini

Makassar, IDN Times - Masjid 99 Kubah yang terletak di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai difungsikan untuk beribadah mulai Sabtu, 12 Maret 2022 besok. Penggunaan perdana akan dimulai dengan Salat Zuhur.

Rencananya, penggunaan perdana Masjid 99 Kubah Makassar akan diikuti langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Setelahnya, masjid tersebut sudah boleh digunakan masyarakat umum.

"Masjid 99 Kubah bakal dipakai besok untuk Salat Duhur. Kami lagi di masjid untuk persiapan. Mulai kegiatan pembersihan lantainya, kesiapan tempat wudhu, toilet dan sebagainya," kata Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel, Hasim, saat dikonfirmasi, Jumat (11/3/2022).

1. Imam masjid dan muazin telah disiapkan

Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Siap Difungsikan, Alhamdulillah!Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Irwan Idris

Hasim menyampaikan Masjid 99 Kubah telah mempunyai 4 orang imam dan 2 muazin. Mereka adalah orang-orang yang dinyatakan memenuhi kriteria berdasarkan hasil rekrutmen beberapa waktu lalu untuk bertugas di masjid unik tersebut.

"Imamnya ada 4 orang dan ada 2 orang muazin. Nanti mau disiapkan juga ruangan untuk mereka," katanya.

2. Bisa difungsikan saat Ramadan

Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Siap Difungsikan, Alhamdulillah!Pemandangan Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan, dari arah Pantai Losari. IDN Times/Irwan Idris

Lebih lanjut, Hasim mengatakan Masjid 99 Kubah telah bisa difungsikan saat memasuki bulan Ramadan nanti. Seterusnya, masjid ini bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk beribadah.

"Konstruksinya kan sudah selesai bagian dalam untuk keperluan salat. Tahun ini masih ada dikerja cuma bagian luar. Ada beberapa kubahnya mau diselesaikan," kata Hasim.

Baca Juga: Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Capai Sudah 69 Persen

3. Punya daya tampung 13.000 jemaah

Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Siap Difungsikan, Alhamdulillah!Masjid 99 Kubah. IDN Times/Istimewa

Secara normal, Masjid 99 Kubah Makassar memiliki kapasitas menampung 13.000 jemaah. Namun Hasim belum memastikan apakah penggunaan masjid tersebut nantinya bakal menerapkan protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemik COVID-19.

"Soal protokol kesehatan seperti menjaga jarak, tergantung peraturan terakhir. Kalau misalnya sudah tetap protokol kesehatan kita jalankan. Intinya kita menyesuaikan," kata Hasim.

Baca Juga: Dicari! Imam dan Muazin untuk Masjid 99 Kubah Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya