Masa Pencarian Korban Kapal Yuiee Jaya 2 Ditambah Tiga Hari

Masih ada 20 ABK belum ditemukan alias hilang

Makassar, IDN Times - Masa pencarian korban kapal Yuiee Jaya 2 yang terbalik di perairan Selayar dilanjutkan selama tiga hari. Pencarian berlangsung pada hari ketujuh, hari ini, Senin (18/3/2024).

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Andi Sultan, mengatakan pencarian korban seharusnya berakhir setelah tujuh hari sesuai dengan SOP berlaku. Namun berdasarkan briefing sebelumnya, tim akhirnya memutuskan memperpanjang masa pencarian korban.

"Alhamdulillah ditambah, dari pihak Selayar juga memohon untuk penambahan dalam operasi SAR ditambah dengan 3 hari," kata Andi Sultan, dalam keterangannya, Senin.

KM Yuiee Jaya 2, kapal pencari ikan dengan 35 ABK, yang terbalik di perairan Selayar, 9 Maret 2024. Peristiwa itu baru diketahui saat seorang ABK ditemukan nelayan terdampak di pantai, pada 11 Maret 2024.

Baca Juga: 20 ABK Kapal Terbalik di Perairan Selayar Belum Ditemukan

1. Tim SAR memperluas area pencarian

Masa Pencarian Korban Kapal Yuiee Jaya 2 Ditambah Tiga HariOperasi pencarian ABK kapal ikan Yuiee Jaya 2 yang tenggelam di perairan Kepulauan Selayar. (Dok. Kantor Basarnas Makassar)

Sejak pukul 07.00 WITA, tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian korban yang belum ditemukan. Tim SAR memperluas pencarian ke perairan Pulau Jalamu, Pulau Nambolaki dan Pulau Polassi.

"Itu adalah pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Namun kalau di Nambolaki ada warganya cuma di sebelah selatan itu kosong," kata Sultan.

2. Tim SAR masih menyisir perairan Selayar

Masa Pencarian Korban Kapal Yuiee Jaya 2 Ditambah Tiga HariTim SAR gabungan mencari nelayan dilaporkan hilang di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. (Dok. Basarnas Makassar)

Hingga saat ini, tim SAR juga masih menyisir perairan Selayar untuk mencari korban. Korban terakhir yang ditemukan, terdampar di pesisir barat pantai Pulau Kayuadi.

"Tim darat telah melaksanakan penyisiran di seputaran Pulau Kayuadi di pesisir," kata Sultan.

3. Sebanyak 20 korban belum ditemukan

Masa Pencarian Korban Kapal Yuiee Jaya 2 Ditambah Tiga HariTim SAR gabungan, Sabtu (16/3/2024), mengevakuasi seorang ABK KM Yuiee Jaya 2, yang terbalik di perairan Kepulauan Selayar. (Dok. Basarnas Makassar)

Sejauh ini, masih ada 20 korban yang belum ditemukan. Terakhir satu korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Sabtu (16/3/2024).

Hingga kini, data jumlah korban yang ditemukan belum berubah. Tercatat ada 12 korban yang ditemukan selamat dan 3 korban meninggal dunia.

Baca Juga: Tim SAR Temukan Satu Jasad Korban Kapal Terbalik di Selayar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya