Makassar Promosikan Potensi Pariwisata di Kendari

Sektor pariwisata jadi penyumbang terbesar PAD Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Dinas Pariwisata Kota Makassar terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya melalui kegiatan promosi potensi pariwisata.Dispar mempromosikan potensi pariwisata dalam kegiatan Direct Sale di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, mengatakan alasan memilih Kendari seiring mudahnya akses mobilitas. Misalnya tersedia penerbangan langsung (direct flight) serta bisa diakses melalui jalur darat dan laut.

"Waktu terbang Kendari ke Makassar itu singkat hanya 45 menit. Itu tersedia selalu di pagi dan siang hari," katanya, Jumat (23/6/2023).

1. Sektor pariwisata sumbang PAD terbesar

Makassar Promosikan Potensi Pariwisata di Kendariilustrasi kenaikan pendapatan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kota Makassar. Dinas Pariwisata mencatat PAD dari sektor pariwisata sebesar Rp400 miliar pada tahun 2022 lalu.

Tahun lalu, PAD Kota Makassar mencapai Rp1,33 triliun. Roem mengatakan PAD itu bersumber dari aktivitas pariwisata, baik pajak hotel, hiburan dan restoran.

"Ini kontribusi terbesar sekali. Jadi kalau industri hotel dan travel agen tidak disupport nanti jomplang," kata Roem.

2. Banyak wisatawan dari Sultra ke Makassar

Makassar Promosikan Potensi Pariwisata di KendariPesepeda melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/5/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga menyebutkan banyak wisatawan dari Sulawesi Tenggara yang berkunjung ke Makassar. Hal ini menyusul kelengkapan fasilitas seperti kesehatan, pendidikan, hiburan dan penginapan.

"Jadi tidak perlu ke Jawa kan, jauh dan biaya lagi. Uang warga Kendari kuat karena ditopang tambang, ini potensi perlu digarap baik dan terus didorong," kata Anggiat.

3. Jual paket wisata medis di Kendari

Makassar Promosikan Potensi Pariwisata di KendariWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulsel, Didi Leonardo Manaba, mengatakan telah menjual paket wisata medis di Kendari. Program dikemas bersama dengan fasilitas kesehatan dan asosiasi olahraga.

"Wisatawan memberikan julukan terhadap Makassar yaitu Makassar kota kuliner atau kota makan enak, Makassar kota seribu warkop, kota MICE, kota romantis, kota sejarah, Makassar pusat budaya Sulawesi Selatan," kata Didi.

Baca Juga: 7 Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi untuk Wisata Singkat di Makassar

4. Wali Kota Kendari ingin belajar dari Makassar

Makassar Promosikan Potensi Pariwisata di KendariPantai Losari, venue pelaksanaan F8 di Kota Makassar. (makassarkota.go.id)

Sementara itu, Plh Wali Kota Kendari, Ridwan S. Taridala mengaku takjub dengan perkembangan Makassar saat ini. Menurutnya, sektor pariwisata di Makassar jauh lebih berkembang jika dibanding daerah lainnya. 

Hal tersebut, kata dia, terbukti melalui pelaksanaan F8. Dia menilai event tersebut telah berhasil menjadi daya tarik wisatawan sehingga dirinya tertarik untuk belajar membuatnya.

"Kita ingin tambah wawasan bagaimana mengorganisir (even), kalau Makassar jadi mentor lah," ujar Ridwan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata sekitar Makassar, dari Air Terjun sampai Pulau

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya