Makassar Government Center Mulai Ditempati Mei 2024

Jadi pusat pelayanan publik di Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar rencananya akan mulai menempati sarana baru, yaitu gedung Makassar Government Center (MGC). Gedung ini akan menjadi pusat pelayanan publik di Kota Makassar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) saat Forum OPD yang digelar DPMPTSP, di Hotel Aston, Rabu (28/02/2024).

“Kami sudah melakukan kunjungan di bangunan MGC prosesnya cepat. Secara praktis bisa beroperasi sekarang tapi masih ada lantai lain belum selesai. Jadi saya perkirakan bulan Mei. November 2024 it7 grand openingnya,” kata Helmy. 

Baca Juga: Proyek Pembangunan Stadion di Sudiang Makassar Akan Dibiayai APBN

1. Bakal menyediakan berbagai pelayanan publik

Makassar Government Center Mulai Ditempati Mei 2024Balai Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Helmy mengatakan pihaknya masih menimbang OPD mana yang akan bergabung membuka layanan di MGC. Nantinya, gedung ini akan menyediakan berbagai layanan publik untuk masyarakat yang lebih terintegrasi.

Tak hanya perizinan berinvestasi atau membuka usaha, gedung MGC juga akan ada perizinan KUA hingga fasilitas balai nikah baik untuk muslim maupun non muslim.

“Jadi MGC ini hadir agar manfaatnya dirasakan baik untuk semua,” kata Helmy.

2. Memudahkan warga akses pelayanan publik

Makassar Government Center Mulai Ditempati Mei 2024Wali Kota Makassar Danny Pomanto melantik Pj Sekretaris Daerah Firman Hamid Pagarra, Rabu (10/1/2024). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Sementara itu, Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra, berharap gedung MGC menjadi support mal pelayanan publik di Kota Makassar. Gedung ini akan menyediakan pelayanan lebih mudah dan cepat. 

Pemkot menyediakan fasilitas ini agar masyarakat merasa nyaman dalam mengurus berbagai perizinan. MGC ini kata Firman, merupakan program strategis Pemkot Makassar dalam pelayanan publik lintas sektor.

“Saya harap sesuai visi misi Pemkot Makassar pelayanan perizinan di MGC ini akan lebih mudah dan nyaman untuk masyarakat,” katanya.

3. Bakal tersedia 22 item pelayanan publik

Makassar Government Center Mulai Ditempati Mei 2024Balai Kota Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Ada beberapa perizinan yang terdapat di gedung MGC mulai perizinan usaha, investasi, pengurusan BPJSTK, BPJS Kesehatan hingga perizinan pembuatan paspor. Dia berharap kepada OPD yang memiliki pelayanan agar menyiapkan semua hal dengan matang secara tekhnis sebelum menempati gedung MGC tersebut.

“Jadi sepertinya ada sekitar 22 item perizinan yang berada di dalam gedung MGC nantinya,” kata Firman.

Baca Juga: Benarkah Musim Hujan 2024 Lebih Singkat? Ini Penjelasan BMKG Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya