Lima Kandidat Lelang Sekda Makassar Bersaing Ketat di Tahap Wawancara

Hanya tiga nama yang akan disetor ke wali kota

Intinya Sih...

  • Lima peserta lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar akan bersaing ketat di tahapan wawancara di Hotel Karebosi Premier.
  • Tahapan seleksi meliputi penelusuran rekam jejak, penulisan makalah, asesmen, dan wawancara yang bersifat pendalaman dari makalah yang telah dituliskan saat asesmen.
  • Hasil wawancara akan menentukan 3 peserta dengan nilai tertinggi yang akan diajukan kepada Wali Kota Makassar untuk dipilih sebagai Sekda Kota Makassar.

Makassar, IDN Times - Lima peserta lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar akan bersaing ketat di tahapan wawancara. Tahapan ini akan berlangsung di Hotel Karebosi Premier, Sabtu (6/7/2024).

Lima peserta tersebut adalah Firman Pagarra (Kepala Bapenda yang juga Pj Sekda Makassar), Irwan Bangsawan (Asisten III Pemkot Makassar), Andi Bukti Djufrie (Kepala Kesbangpol Makassar), Muhammad Roem (Kepala Dinas Pariwisata Makassar) dan Muhyiddin (Kepala Dinas Pendidikan Makassar).

1. Wawancara untuk mendalami makalah

Lima Kandidat Lelang Sekda Makassar Bersaing Ketat di Tahap WawancaraLima kandidat lelang Sekda Makassar. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Sebelum tahapan wawancara, para peserta telah melalui tahapan lainnya. Tahapan itu mulai dari pengumuman seleksi, penelusuran rekam jejak, penulisan makalah, asesmen (penilaian kompetensi dan potensi), pengumumam hasil makalah dan asesmen.

Ketua Panitia Seleksi Lelang Sekda, Prof Aminuddin Ilmar, menyampaikan pelaksanaan wawancara akan lebih bersifat pendalaman dari makalah yang telah dituliskan saat assesmen.

"Masing-masing dari pansel, akan mendalami apa yang dituliskan dan dilakukan oleh yang bersangkutan sekiranya dipillih menjadi Sekda Kota Makassar," katanya, seperti dikutip dalam siaran persnya, Jumat (5/7/2024).

2. Lima peserta punya kesempatan sama

Lima Kandidat Lelang Sekda Makassar Bersaing Ketat di Tahap WawancaraPanitia seleksi lelang Sekda Makassar. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Menurut Ilmar, berdasarkan hasil pengamatan dan juga laporan assesmen, kelima peserta memiliki kesempatan yang hampir sama. Karena itu, hasil wawancara nantinya akan sangat menentukan.

"Ada sisi penilaian yang tidak dapat ditawar, yang akan terlihat saat seleksi wawancara, yakni dari sisi psikologi, selain itu tentunya rekam jejak dan juga nilai makalah itu sendiri," katanya.

3. Hanya tiga nama yang disetorkan ke wali kota

Lima Kandidat Lelang Sekda Makassar Bersaing Ketat di Tahap WawancaraWali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Kamis (4/7/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Dalam proses wawancara, setiap peserta akan diberikan durasi waktu antara 1 jam hingga 1 jam 30 menit dan pansel akan menilainya. Salah satu pansel yaitu Sekretaris Daerah Kota Makassar sebelumnya, yakni Muhammad Ansar.

Dari hasil seluruh penilaian, peserta akan diberikan nilai dengan peringkat 1, 2 dan 3. Hanya 3 nilai tertinggi yang akan diajukan kepada pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini Wali Kota Makassar.

"Berharap wawancara selesai tepat waktu dan dapat diumumkan pada hari senin, dan paling lambat selasa hasil 3 besar tersebut," kata Ilmar.

Baca Juga: Lelang Sekda Makassar, 5 Calon Tunggu Hasil Asesmen, Siapa Saja?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya