Lelang Sekda Makassar, 5 Calon Tunggu Hasil Asesmen, Siapa Saja?

Hanya tiga besar nama yang akan disodorkan ke wali kota

Intinya Sih...

  • Jabatan Sekretaris Daerah Kota Makassar masih lowong, lelang jabatan dilakukan pada 10-24 Juni 2024.
  • 5 dari 7 pelamar lolos verifikasi untuk posisi sekda, telah mengikuti asesmen dan penulisan makalah.
  • Nama-nama tiga besar calon terbaik akan diumumkan pada 11 Juli 2024, dengan proses seleksi yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Makassar, IDN Times - Jabatan Sekretaris Daerah Kota Makassar hingga kini masih lowong. Pemerintah Kota Makassar pun sedang menyelenggarakan lelang jabatan untuk posisi sekda sejak 10 - 24 Juni 2024.

Ada 7 orang pejabat yang melamar posisi tersebut. Namun hanya 5 pelamar lolos verifikasi, sedangkan 2 pelamar lainnya gugur dalam tahapan verifikasi berkas oleh panitia seleksi (pansel).

Lima pelamar yang lolos yakni Andi Irwan Bangsawan (Asisten 3 Bidang Administrasi Umum), Andi Bukti Djufrie (Kepala Kesbangpol), Firman Hamid Pagarra (Kepala Bapenda), Muhammad Roem (Kepala Dinas Pariwisata) dan Muhyiddin (Kepala Dinas Pendidikan). Untuk dua pelamar yang tidak lolos yaitu, Akhmad Namsum (Kepala BPSDMD) dan Fahyuddin (Kepala Dinas Tata Ruang).

1. Hasil asesmen dan penulisan makalah segera diumumkan

Lelang Sekda Makassar, 5 Calon Tunggu Hasil Asesmen, Siapa Saja?pixaby

Lima calon yang lolos lelang jabatan Sekda Makassar tersebut telah mengikuti asesmen atau proses penilaian. Asesmen bertujuan melihat kompetensi calon Sekda Makassar.

Mereka juga telah mengikuti tahapan penulisan makalah di Kantor Puslatbang KMP (Kajian Manajemen Pemerintahan) LAN (Lembaga Administrasi Negara) Makassar, Jumat, 28 Juni 2024.

"Hasil asesmen dan penulisan makalah akan diumumkan pada Kamis 4 Juli. Kemudian dilanjutkan presentasi dan wawancara terkait makalah pada 5 dan 6 Juli 2024," kata Ketua Panitia Seleksi Lelang Sekda Makassar, Prof Aminuddin Ilmar, Senin (1/7/2024).

Hasil tes wawancara baru akan diumumkan pada 9 Juli 2024. Setelah itu, barulah nama-nama tiga besar akan diumumkan pada 11 Juli 2024. Namun jadwal seleksi dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila ada perubahan maka informasi akan diumumkan melalui website dan Instagram BKPSDM Kota Makassar.

2. Danny ingin sekda yang bisa merangkul semua orang

Lelang Sekda Makassar, 5 Calon Tunggu Hasil Asesmen, Siapa Saja?Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyampaikan kriteria calon sekda yang diharapkannya. Calon sekda tersebut setidaknya harus dapat merangkul seluruh kalangan, baik di birokrat maupun masyarakat.

"Pokoknya calon sekda yang bisa merangkul semua orang, yang baik untuk semua," kata Danny.

Dia menegaskan bahwa setiap orang yang memenuhi syarat, memiliki kesempatan yang sama untuk maju dalam seleksi Sekda Makassar. Menurutnya, semua berhak mengikuti seleksi selama sesuai dengan persyaratan.

"Semua pasti punya potensi untuk maju tapi itu kan nanti dinilai, kinerjanya, loyalitasnya, visinya," kata Danny.

Baca Juga: Jerit Pilu Ibu Siswa Difabel Korban Perundungan: Anakku Juga Manusia

3. Tiga besar akan disodorkan ke wali kota

Lelang Sekda Makassar, 5 Calon Tunggu Hasil Asesmen, Siapa Saja?Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Adapun pada tahapan wawancara nantinya, Danny mengaku akan menilai secara adil dengan memberikan angka yang sama kepada seluruh pelamar. Pasalnya, dia enggan terkesan mengintervensi penilaian dalam seleksi tersebut.

"Kalau wawancara saya pastikan kasih angka yang sama, saya tidak mau campur, semua bagus," kata Danny.

Nantinya, dari 5 nama-nama tersebut, hanya 3 nama calon terbaik yang disodorkan kepada Wali Kota Makasaar. Meski begitu, dia tak ingin terlalu turut campur pada lelang sekda ini. Segala prosesnya, diserahkan kepada pansel.

"Kita serahkan, karena komite ini tidak main-main. Ada Prof Ilmar, Taufik eks Kepala BKD Sulsel, mantan sekda, ini komite tidak diragukan lagi," kata Danny.

Baca Juga: Siswa Difabel di Makassar Rentan Perundungan, Apa Kata Kepala Disdik?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya