Legislator Sulsel Terpilih Maju Pilkada Sudah Ajukan Pengunduran Diri

Mereka harus mundur sebelum pelantikan

Makassar, IDN Times - Sebanyak sembilan anggota DPRD Sulawesi Selatan terpilih periode 2024-2029 telah mengajukan surat pengunduran diri. Para legislator ini mundur karena mencalonkan pada Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPRD Sulsel, M Jabir. Karena memilih mundur, maka para legislator ini secara otomatis tidak ikut dilantik pada 24 September 2024 nanti.

"Jadi memang yang maju Pilkada itu memang diharuskan mengundurkan diri," kata Jabir, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Mendominasi, Ini Daftar Pendatang Baru di DPRD Sulsel

1. Nama pengganti dibahas melalui rapat pleno

Legislator Sulsel Terpilih Maju Pilkada Sudah Ajukan Pengunduran DiriIlustrasi rapat paripurna di gedung DPRD Sulsel, Selasa (8/8/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Para legislator itu akan digantikan oleh legislator lainnya yang meraih suara terbanyak kedua. Jabir mengatakan pengganti untuk legislator yang mundur itu telah dibahas dalam rapat pleno bersama KPU Sulsel.

"KPU telah menggelar rapat pleno dua kali untuk itu, dan nama-nama penggantinya sudah ada, akan dilantik bersamaan dengan yang lain 24 September," kata Jabir.

2. Nama 9 legislator yang maju Pilkada

Legislator Sulsel Terpilih Maju Pilkada Sudah Ajukan Pengunduran DiriIlustrasi Pilkada (IDN Times/Foto: Dok. KPU)

Sembilan anggota DPRD Sulsel terpilih yang maju Pilkada yakni Munafri Arifuddin, Rezki Mulfiati Lutfi, Tasming Hamid, Muzayyin Arief, Syaharuddin Alrif, Muh Yusuf R, Sitti Husniah Talenrang, Ady Ansar dan Selle KS Dalle.

Pada Minggu 15 September 2024 lalu, anggota DPRD Sulsel terpilih periode 2024-2029 telah mengikuti acara geladi bersih pelantikan. Kesembilan legislator ini tidak akan menjalani pelantikan.

3. Nama-nama pengganti 9 legislator

Legislator Sulsel Terpilih Maju Pilkada Sudah Ajukan Pengunduran DiriIlustrasi ruang sidang DPRD Sulsel. IDN Times/Ashrawi Muin

Nama-nama pengganti 9 anggota DPRD Sulsel terpilih itu adalah Kadir Halid menggantikan Munafri Arifuddin (Pilkada Makassar) dari Partai Golkar di Dapil Sulsel I. Kemudian, Mahmud menggantikan Rezki Mulfiati Lutfi (Pilkada Makassar) dari Partai NasDem di Dapil Sulsel II.

Kamaruddin menggantikan Husniah Talenrang (Pilkada Gowa) dari PAN di Dapil Sulsel III. Lalu ada, Salmawati Paris menggantikan Ady Ansar (Pilkada Selayar) dari Partai NasDem di Dapil Sulsel IV.

Nur Hasbiyah Main menggantikan Muzayyin Arif (Pilkada Sinjai) dari Partai PKS di Dapil Sulsel V. Berikutnya, Anarchie Arus Bakti menggantikan Selle KS Dalle (Pilkada Soppeng) dari Partai Demokrat di Dapil Sulsel VIII.

Selanjutnya, Asman menggantikan Syaharuddin Alrif (Pilkada Sidrap) dari Partai NasDem di Dapil Sulsel IX. Lalu ada Mery Guswani menggantikan Muhammad Yusuf (Enrekang) dari Partai NasDem di Dapil Sulsel IX.

Terakhir ada Muhammad Sadar menggantikan Tasmin Hamid (Pilkada Parepare) dari Partai NadDem di Dapil Sulsel VI.

Baca Juga: Ini Calon Penganti 9 Anggota DPRD Sulsel Terpilih yang Maju Pilkada

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya