KPU Tetapkan 2 Paslon di Pilgub Sulsel: Sudirman-Fatma dan Danny-Azhar

Pilgub Sulsel berlangsung head to head

Intinya Sih...

  • Pasangan calon Pilgub Sulsel 2024 resmi ditetapkan, yakni Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) dan Moh Ramdhan-Azhar Arsyad (DIA).
  • Proses pendaftaran paslon berlangsung tertutup dan keduanya melalui proses perbaikan berkas yang dinyatakan lengkap.
  • Penetapan paslon dilaksanakan sesuai jadwal PKPU Nomor 2 Tahun 2024, dengan Andi Sudirman merupakan petahana diusung oleh koalisi gemuk, sedangkan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto diusung oleh PDI P, PKB dan PPP.

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi menetapkan dua pasangan calon (paslon) yang berkontestasi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024. Keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno yang digelar di Hotel Claro Makassar, Minggu (22/9/2024).

Rapat pleno tersebut dipimpin Ketua KPU Sulsel Hasbullah didampingi Anggota KPU Sulsel masing masing Tasrif, Upi Hastati kanan), Romi Harminto, Ahmad Adiwijaya, Hasruddin Husain, dan Marzuki Kadir.

Rapat pleno tersebut berlangsung tertutup. Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, mengatakan semua berita acara telah ditandatangani ole tujuh pimpinan KPU Sulsel.

"Tadi juga kami sudah bacakan surat keputusannya," kata Hasbullah dikutip dalam siaran pers.

1. Proses perbaikan berkas dinyatakan lengkap

KPU Tetapkan 2 Paslon di Pilgub Sulsel: Sudirman-Fatma dan Danny-AzharKetua KPU Sulsel, Hasbullah. (IDN Times/Istimewa)

Dua pasang kontestan Pilgub Sulsel 2024 tersebut, yakni Andi Sudirman Sulaiman -Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) dan Moh Ramdhan Pomanto -Azhar Arsyad (DIA). Dengan demikian, Pilgub Sulsel resmi berlangsung secara head to head.

Sejak pendaftaran dibuka pada 27-29 Agustus 2024, memang hanya dua pasangan tersebut yang mendaftar ke KPU. Keduanya juga sama-sama mendaftar di hari terakhir.

Hasbullah mengatakan keduanya telah melalui proses perbaikan berkas dan dinyatakan lengkap. Pada tanggal 15-18 September, masa tanggapan masyarakat juga nihil.

"Kemudian untuk klarifikasi dengan sendirinya tidak ada proses klarifikasi, karena proses tanggapan masyarakat juga nihil," kata Hasbullah.

2. Hasil penetapan disampaikan di halaman KPU

KPU Tetapkan 2 Paslon di Pilgub Sulsel: Sudirman-Fatma dan Danny-AzharPILKADA 2024

Penetapan paslon ini, dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Penetapan Paslon. Secara nasional, jadwal penetapan paslon dilaksanakan serentak se-Indonesia pada 22 September 2024.

"Selanjutnya surat keputusan berdasarkan rapat pleno sudah kami bacakan. Kami juga akan upload di halaman KPU sebagai penyampaian kepada publik terkait proses hasil penetapan yang kita lakukan hari ini, " kata Hasbullah.

Baca Juga: Pilgub Sulsel: Nasdem Sesumbar Sudirman-Fatma Raih 89 Suara di Maros

3. Dua paslon di Pilgub Sulsel

KPU Tetapkan 2 Paslon di Pilgub Sulsel: Sudirman-Fatma dan Danny-AzharAndi Sudirman Sulaiman (kiri) dan Danny Pomanto, dua calon gubernur Sulawesi Selatan/Istimewa

Andi Sudirman Sulaiman merupakan Gubernur Sulsel 2022 -2023 atau merupakan petahana, sedangkan Fatmawati Rusdi merupakan Wakil Wali Kota Makassar 2021-2023 sekaligus politisi Partai NasDem. Paslon ini diusung oleh koalisi gemuk dengan 10 parpol yaitu Gerindra, NasDem, Golkar, PAN, Hanura, PKS, Demokrat, Perindo, PSI dan Gelora.

Kemudian Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto merupakan Wali Kota Makassar dua periode yang masih aktif saat ini, sedangkan Azhar Arsyad merupakan politisi sekaligus Ketua PKB Sulsel. Duet ini diusung oleh PDI P, PKB dan PPP.

Baca Juga: Pilgub Sulsel: Danny Pomanto Target Dukungan Kuat Wilayah Mamminasata

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya