KPU Sulsel Terima Hasil Tes Kesehatan Sudirman-Fatma dan Danny-Azhar

Hanya KPU yang akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan

Intinya Sih...

  • KPU Sulsel menerima hasil tes kesehatan 2 pasangan cagub dan cawagub Sulsel dari tim RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo.
  • Hasil pemeriksaan kesehatan diserahkan satu hari setelah jadwal pemeriksaan, lebih cepat dari jadwal tahapan pendaftaran.
  • KPU Sulsel akan mengumumkan hasil pemeriksaan pada 5 dan 6 September, setelah merampungkan proses pemeriksaan administrasi lainnya.

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan (KPU Sulsel) menerima hasil tes kesehatan dua bakal pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Sulsel. Mereka adalah pasangan Andi Sudirman Sulaiman -Fatmawati Rusdi dan Moh Ramdhan Pomanto -Azhar Arsyad.

Hasil pemeriksaan kesehatan diserahkan oleh tim kesehatan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo kepada KPU Sulsel di kantornya, Makassar, Senin (2/9/2024). Dokumen itu diterima oleh Ketua KPU Sulsel, Hasbullah.

"Hasil pemeriksaan kesehatan kalau di jadwal itu diserahkan satu hari setelah pemeriksaan kesehatan atau mengingat jadwal yang ada dalam tahapan. Itu yang diatur dalam KPT 1229 terkait dengan proses pendaftaran," kata Hasbullah.

1. Hasil pemeriksaan keluar lebih cepat

KPU Sulsel Terima Hasil Tes Kesehatan Sudirman-Fatma dan Danny-AzharKetua KPU Sulsel, Hasbullah. (IDN Times/Istimewa)

Hasbullah menuturkan ini merupakan jadwal terakhir pemeriksaan kesehatan. KPU Sulsel sendiri telah merampungkan pemeriksaan kesehatan pada 30 Agustus lalu. 

"Alhamdulillah, hasilnya lebih cepat sampai ke kami karena kan kami dalam proses pemeriksaan administrasi lainnya terkait dengan syarat calon," ujarnya.

2. Hasil akan diumumkan setelah seluruh berkas dicermati

KPU Sulsel Terima Hasil Tes Kesehatan Sudirman-Fatma dan Danny-AzharKPU Sulsel menjalankan tahapan pemeriksaan kesehatan untuk calon gubernur dan wakil gubernur, Jumat (30/8/2024)/Istimewa

Setelah menerima hasil pemeriksaan kedua bakal pasangan calon ini, KPU Sulsel akan mengumumkannya pada 5 dan 6 September mendatang. Sementara ini, pihak KPU masih mencermati seluruh berkas para bakal calon kepala daerah.

"Karena masih ada perbaikan pemberkasan sampai tanggal 14 September termasuk kami akan menyampaikan 5 dan 6 hasil pemeriksaan kesehatan tadi," kata Hasbullah.

Baca Juga: Calon Masih Bisa Diganti, Ini Jadwal Penetapan Calon Gubernur Sulsel

3. Hanya KPU yang akan mengumumkan hasil

KPU Sulsel Terima Hasil Tes Kesehatan Sudirman-Fatma dan Danny-AzharKPU Sulsel menjalankan tahapan pemeriksaan kesehatan untuk calon gubernur dan wakil gubernur. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan RS Wahidin Sudirohusodo, Asvin Nurulita, mengatakan proses pemeriksaan tersebut melibatkan 50 orang tim medis. Tim ini termasuk 40 dokter spesialis dan pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel.

"Item pemeriksaan yang dilakukan cukup banyak tapi ada 18 metode pemeriksaan," kata Asvin di kantor KPU Sulsel.

Terkait hasil pemeriksaan narkotika, Asvin masih enggan membeberkan hasilnya. Dia menegaskan bahwa hanya KPU Sulsel yang akan mengumumkan hasilnya ke publik.

"Hasilnya kami sudah serahkan ke KPU. Nanti dari KPU yang menyampaikan," katanya.

Baca Juga: RS Wahidin Sudirohusodo Libatkan 55 Tenaga Medis untuk Periksa Cakada

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya