KPU Sulsel Mulai Jadwalkan Distribusi Surat Suara ke Pulau Terluar

Logistik untuk pulau-pulau diangkut pakai kapal

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan mulai menjadwalkan pendistribusian surat suara Pemilu 2024 untuk pulau-pulau terluar, terutama di Kabupaten Pangkep. Surat suara akan didistribusikan pada 5 Februari 2024.

Komisioner KPU Sulsel, Marzuki Kadir, mengatakan ada tiga kabupaten yang menjadi prioritas karena memiliki daerah terluar yaitu Kabupaten Pangkep, Selayar dan Luwu Utara. Daerah terluar di Pangkep menjadi yang pertama dikirimkan surat suara. 

"Itu sudah didistribusikan ke pulau-pulau. Rencananya itu ada di Pelabuhan Maccini Baji di Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep," kata Marzuki saat dihubungi IDN Times, Sabtu (3/2/2024).

Baca Juga: KPU Sulsel Musnahkan 346 Ribu Surat Suara Rusak

1. Logistik diangkut menggunakan kapal nelayan

KPU Sulsel Mulai Jadwalkan Distribusi Surat Suara ke Pulau TerluarIlustrasi. Seorang ABK naik ke atas kapal pengangkut barang yang sandar di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (24/1/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Marzuki mengatakan surat suara itu akan diangkut menggunakan kapal rakyat atau sejenis kapal nelayan. Namun sebagai antisipasi, KPU telah menyiapkan dua skema. 

Skema pertama masih menggunakan skema distribusi logistik pemilu-pemilu sebelumnya yakni diangkit kapal nelayan. Skema kedua menggunakan kapal TNI Angkatan Laut dengan mempertimbangkan cuaca dan gelombang laut berdasarkan prediksi BMKG.

"Alhamdulillah dari laporan BMKG nanti diperkirakan sekitar tanggal 7,8,9 baru ada pergerakan angin yang begitu kencang menimbulkan ketinggian ombak sampai 3 meter," kata Marzuki.

2. Surat suara untuk daerah terpencil dicapai dengan pesawat

KPU Sulsel Mulai Jadwalkan Distribusi Surat Suara ke Pulau TerluarPesawat parkir di Bandara Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain pulau, daerah pelosok lainnya yaitu Kecamatan Rampi dan Seko di Kabupaten Luwu Utara. Surat suara akan diangkut menggunakan pesawat mengingat medannya yang masih sulit jika diangkut jalur darat.

Untuk Seko dan Rampi, KPU juga telah menyiapkan skema lain apabila skema pertama tidak memadai. Skema kedua yaitu surat suara diangkut menggunakan helikopter kepolisian. 

"Daya muat helikopter mungkin lebih besar dibanding pesawat kalau untuk ke sana. Tapi saya rasa ini laporan ketua KPU juga ke kami masih skema pertama yang dia pakai," kata Marzuki.

3. Tiga daerah di Sulsel didahulukan

KPU Sulsel Mulai Jadwalkan Distribusi Surat Suara ke Pulau Terluarilustrasi surat suara. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Marzuki mengatakan distribusi surat suara untuk daerah-daerah terluar khususnya di tiga kabupaten itu harus didahulukan. Sejauh ini, semua persiapan sudah rampung.

"Persiapan yang tiga ini yang harus didahulukan itu kami sudah cek tadi malam, Alhamdulillah itu sudah 99 persen," kata Marzuki.

Baca Juga: Jelang Pencoblosan, 99 Persen Logistik Pemilu di Maros Siap

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya