KPU Makassar Siapkan Santunan bagi Petugas KPPS Meninggal

KPPS terdaftar dalam jaminan BPJS Ketenagakerjaan

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan memberikan uang santunan bagi petugas KPPS yang meninggal saat bertugas di Pemilu 2024. Hal ini disampaikan Ketua KPU Makassar, Hambalie.

Dia mengatakan semua anggota KPPS telah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan. KPU Makassar segera membahas besaran santunan yang akan diberikan kepada keluarga mendiang.

"Ini sementara kita bicarakan santunannya bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Alhamdulillah di-cover BPJS Ketenagakerjaan," kata Hambaliie, saat mengunjungi rumah duka di Keluarga Bangkala, Kecamatan Manggala, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga: Dua Petugas KPPS Pemilu 2024 di Makassar Meninggal Diduga Kelelahan

1. Dua anggota KPPS meninggal dunia

KPU Makassar Siapkan Santunan bagi Petugas KPPS MeninggalKetua KPU Kota Makassar, Hambalie, melayat ke rumah duka petugas KPPS yang meninggal dunia, Kamis (15/2/2024). Dok. IDN Times/Istimewa

Sejauh ini, ada dua anggota KPPS di Makassar meninggal . Mereka yaitu Dalia Salsabila dan William Tandi Paelongan yang baru berusia 24 tahun.

Menurut keterangan pihak keluarga, Dalia memiliki riwayat penyakit maag. Sementara William tidak memiliki riwayat penyakit. Keduanya diduga meninggal dunia akibat kelelahan.

2. Semua pendaftar KPPS disyaratkan berbadan sehat

KPU Makassar Siapkan Santunan bagi Petugas KPPS MeninggalPetugas KPPS di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Makassar, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Aan Pranata)

Hambaliie menegaskan semua calon anggota KPPS yang mendaftar diwajibkan berbadan sehat. Hal ini ditandai dengan pemeriksaan kesehatan.

"Ini sebenernya ada di tingkat TPS di Puskesmas masing-masing. Masukkan surat keterangan berbadan sehat," kata Hamballie.

3. Lima anggota KPPS sakit

KPU Makassar Siapkan Santunan bagi Petugas KPPS MeninggalIluatrasi petugas KPPS di Banyuwangi kelelahan setelah 24 jam belum selesai. (dok. pribadi/Agung Sedana)

Selain meninggal dunia, ada juga 5 orang anggota KPPS di Makassar dilaporkan jatuh sakit. Namun mereka telah mendapatkan perawatan medis.

"Ada lima tapi saya belum dapat informasinya detailnya. Di Bangkala sempat pingsan kemarin. Ada rawat inap, ada rawat jalan," kata Hamballie.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Periksa Kesehatan 1.500 Petugas PPK Pemilu 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya