Konsep Perayaan HUT Kota Makassar 2023 Serupa Festival Awa Dori Jepang

Dikemas menyerupai Festival Awa Odori di Jepang

Makassar, IDN Times - Karnaval budaya akan memeriahkan perayaan HUT ke-416 Kota Makassar pada 2 November 2023. Karnaval ini akan dikemas seperti Festival Awa Odori di Jepang.

Dalam festival tersebut, orang-orang turun ke jalan-jalan dan berpartisipasi dalam tarian rakyat tradisional. Mereka mengenakan pakaian tradisional.

Dalam peringatan HUT Kota Makassar nanti, karnaval ini akan diikuti ribuan remaja. Setiap kelurahan akan mengikutsertakan 50 orang remaja atau pemuda yang cakap budaya. Total keseluruhan remaja yang hadir diperkirakan 7.000-an orang lebih. 

1. Para remaja akan kenakan pakaian adat

Konsep Perayaan HUT Kota Makassar 2023 Serupa Festival Awa Dori JepangPertunjukan budaya pada rangkaian acara Apeksi beberapa waktu lalu. Dok. Humas Pemkot Makassar

Para remaja ini, nantinya akan mengenakan pakaian adat. Mereka akan dilatih oleh seniman atau guru seni sebelum tampil dalam event tahunan ini.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, mengatakan setiap remaja itu akan menampilkan satu gerakan berulang sepanjang rute. Hal ini mirip seperti dalam pertunjukan itu sebagaimana Festival Awa Odori. 

"Jadi nanti dia akan buat satu saja gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval. Tetapi posisinya rapat begitu," kata Danny, Minggu (29/10/2023).

2. Diikuti pejabat pemkot dan komunitas masyarakat difabel

Konsep Perayaan HUT Kota Makassar 2023 Serupa Festival Awa Dori JepangWarga menanti saat berbuka puasa (ngabuburit) di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/4/2022). Sebagian umat muslim di Makassar memilih menunggu saat berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat di Anjungan Pantai Losari Makassar sambil menikmati matahari tenggelam (sunset). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Bukan hanya remaja, para pejabat perempuan Pemkot Makassar juga akan ikut menyemarakkan karnaval ini. Mereka yang dijuluki Srikandi akan mengenakan pakaian adat dari Tana Toraja. Sejumlah komunitas juga ambil bagian, termasuk penyandang disabilitas.

Agenda ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis 2 November 2023. Karnaval ini akan berlangsung di Jalan masuk Centre Point of Indonesia (CPI) menuju ke kawasan Masjid 99 Kubah.

Sebelum seluruh rangkaian acara, Danny akan mengadakan jamuan makan malam bagi seluruh tamu VVIP di kawasan tugu MNEK. Makan malam berlangsung dengan latar belakang perahu Pinisi dan rumah adat Tongkonan dari Tana Toraja.

Sekira 700 tamu VVIP diundang termasuk eks Wali Kota Makassar. 

Baca Juga: Pemkot Makassar Masih Bergulat Tangani Anak Jalan dan Gelandangan

3. Fatma bakal sampaikan pidato perpisahan

Konsep Perayaan HUT Kota Makassar 2023 Serupa Festival Awa Dori JepangWakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Senin (12/12/2022). IDN Times/Ashrawi MuinPejabat Pemkot Makassar

HUT Kota Makassar sebenarnya jatuh pada 9 November. Namun khusus tahun ini, peringatan HUT dimajukan pada 2 November 2023. Hal itu agar Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, tetap bisa ikut merasakan euforia acara sebelum meninggalkan jabatannya. 

Fatma mengundurkan diri dari jabatannya karena mengikuti kontestasi pemilihan calon anggota legislatif DPR RI. Dalam peringatan HUT nanti. Fatma diberi waktu untuk menyampaikan kata perpisahannya kepada seluruh warga Makassar. 

"Pada momen itu, kita juga akan sampaikan apresiasi ke Wawali dan sampaikan kata perpisahan. Saya ingin di birokrat Makassar pandai menghargai pemimpin kita, kontribusi siapapun," kata Danny.

Baca Juga: Mengunjungi Raad van Justitie Makassar, Kini Jadi Gedung PN Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya