Kondisi Mata Bocah Korban Kekerasan di Gowa Mulai Membaik

Dokter sebut penglihatan korban tidak rusak

Makassar, IDN Times - Kondisi bocah yang dicongkel matanya oleh orang tua di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dikabarkan membaik. Demikian disampaikan dr. Suryadi, Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Syekh Yusuf, tempat korban dirawat. 

Suryadi mengatakan kondisi mata korban setelah menjalani operasi terus membaik. Namun pihak rumah sakit tetap memantau kondisi anak perempuan berusia 6 tahun yang berinisial AP.

"Kondisinya sudah bagus. Kita kan tetap masih kontrol pasca operasi," kata Suryadi kepada IDN Times saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga: Gubernur Kirim Dokter untuk Anak Korban Congkel Mata di Gowa

1. Korban bisa pulang kalau kondisinya terus membaik

Kondisi Mata Bocah Korban Kekerasan di Gowa Mulai MembaikIlustrasi kekerasan Anak (IDN Times/Sukma Shakti)

Suryadi mengatakan, pihaknya akan terus memantau kondisi kesehatan korban, utamanya pada mata dan psikologis. Jika kondisi korban terus membaik, maka korban sudah diizinkan pulang.

"Cuma saya tidak tahu sudah bisa pulang hari ini atau Senin. Karena kemarin itu masih ada pemeriksaan masih mau dikontrol kondisinya sama dokter mata dan dokter jiwa," jelasnya.

2. Kerusakan mata tidak ganggu penglihatan

Kondisi Mata Bocah Korban Kekerasan di Gowa Mulai MembaikIlustrasi tindak kekerasan anak. (IDN Times/Sukma Shakti)

Suryadi menuturkan mata korban mengalami robekan pada kelopak mata bagian dalam akibat pencungkilan itu. Meski begitu, kondisi bola mata korban masih utuh dan tidak mengganggu sistem penglihatan.

"Karena organ atau area optiknya, seperti kornea, tidak terganggu. Jadi yang rusak jaringan sekitar mata," kata Suryadi.

3. Ada bagian yang sulit dijangkau

Kondisi Mata Bocah Korban Kekerasan di Gowa Mulai MembaikIlustrasi kekerasan (IDN Times/Sukma Shakti)

Suryadi menjelaskan usai korban yang masih sangat muda diharapkan mempercepat proses penyembuhan. Sebab usia muda lebih bisa mempercepat proses regenerasi sel sehingga menjadi lebih baik.

Pasalnya, saat korban menjalani operasi mata, ada bagian-bagian tertentu yang sulit ditindaki. Karena itu, regenerasi sel sangat diharapkan membantu pemulihan mata korban.

"Kita berharap regenerasi sel pada jaringan-jaringan yang sulit kita jangkau terjadi dengan baik," kata Suryadi.

Baca Juga: Sosiolog: Kasus Kekerasan Anak di Gowa Khas dan Luar Biasa

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya