Komunitas Milenial 445 Dukung Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel

Mereka menilai Andi Sudirman bersih dari praktik KKN

Makassar, IDN Times - Kelompok masyarakat milenial yang tergabung dalam Milenial 445 mengumumkan dukungan mereka untuk Andi Sudirman Sulaiman sebagai calon Gubernur Sulawesi Selatan. Milenial 445 adalah komunitas yang dihuni anak-anak muda dan mantan aktivis lintas kampus.

Deklarasi ini berlangsung di Kafe Red Corner pada Rabu malam (12/6/2024). Ketua Milenial 445, Harun Rasyid, menjelaskan alasan mereka mendukung Sudirman.

"Saya pikir sederhana kalau saya memilih bapak Andi Sudirman Sulaiman sebagai bakal calon gubernur karen beliau ini orangnya sangat bersih dari yang namanya KKN," kata Harun.

Baca Juga: Survei KIC: Andi Sudirman Paling Pantas Jadi Gubernur Sulsel

1. Milenial tertarik dengan kandidat yang bersih KKN

Komunitas Milenial 445 Dukung Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub SulselIlustrasi korupsi (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Harun, animo pemilih milenial sangat bergantung dari bersihnya praktik KKN pada pemerintahan. Hal itu karena saat ini milenial mulai apatis terhadap momentum momentum politik.

"Tidak bisa dipungkiri momentum politik itu menentukan arah jangka panjang seperti apa pembangunan baik dari sektor infrastruktur, kesiapan sumber daya manusia sampai berbagai sektor," kata Harun.

2. Sudirman termasuk kandidat yang tergolong muda

Komunitas Milenial 445 Dukung Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub SulselFlyer Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi. (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir yang turut hadir sebagai narasumber menyebut Andi Sudirman tergolong masih sangat muda. Hal itu pun bisa menjadi nilai jual untuk maju sebagai pemimpin ke depannya, khususnya di kalangan milenial.

"Sosok seorang ASS tergolong masih sangat muda ya, kelahiran 83. Memang ada satu nilai jual yang layak untuk beliau jadikan modal menjadi pemimpin ke depan, dia termasuk pemimpin yang agamis dan tergolong bersih secara personality," kata Suwadi.

3. Sudirman masih minim pengalaman di pemerintahan

Komunitas Milenial 445 Dukung Andi Sudirman Sulaiman di Pilgub SulselAndi Sudirman Sulaiman saat menjabat Gubernur Sulsel. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Meski begitu, Suwadi juga menyebut Sudirman masih minim pengalaman. Namun dengan pengalaman menjabat 2,5 tahun, Suwadi menyebut Sudirman masih perlu mengembangkan diri.

"Memang kalau dilihat figur-figur yang ingin melawan dia itu orang-orang yang punya pengalaman. Wali kota dua periode Pak IAS, Danny juga ini kan periode kedua," kata Suwadi.

Baca Juga: Danny Pomanto Nyatakan Siap Lawan Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya