KM Umsini Terbakar, Pelabuhan Makassar Tetap Beroperasi dan Aman

Tidak menggangu operasional pelabuhan

Makassar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memastikan Pelabuhan Makassar tetap beroperasi dan aman setelah insiden terbakarnya KM Umsini pada Minggu (9/6/2024). Pelindo menyatakan insiden tersebut tidak mengganggu operasional di Pelabuhan Makassar.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis, mengatakan bahwa pihaknya juga turut membantu penanganan atas insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini pada pukul 05.45 WITA.

"Kami menyiapkan ruang tunggu di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang dapat menampung sebanyak kurang lebih 3.000 orang penumpang," kata Azis dalam siaran persnya, Minggu (9/6/2024).

1. Seluruh penumpang dipastikan selamat

KM Umsini Terbakar, Pelabuhan Makassar Tetap Beroperasi dan AmanPenumpang Kapal Motor (KM) Umsini ditangani tim dokter, Minggu (9/6/2024)/Istimewa

KM Umsini terbakar di Pelabuhan Makassar pada pukul 01.30 WITA. Kapal tersebut singgah di Pelabuhan Makassar setelah berlayar dari Baubau dan akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tidak mengganggu operasional di Pelabuhan Makassar.

Pelindo pun memastikan seluruh penumpang dari atas kapal telah berhasil turun dengan selamat. Saat ini, seluruh calon penumpang juga sedang berada di terminal penumpang.

"Kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Makassar sangat siap sekali dengan kapasitas total kurang lebih 3.000 orang. Dan saat ini kondisi sekarang ada sekitar 1.500 orang penumpang," kata Azis.

2. Pelindo jamin rasa nyaman untuk penumpang

KM Umsini Terbakar, Pelabuhan Makassar Tetap Beroperasi dan AmanPenumpang Kapal Motor (KM) Umsini ditangani tim dokter, Minggu (9/6/2024)/Istimewa

Azis menyatakan Pelindo tetap berupaya memberikan rasa nyaman, tertib, dan aman kepada para penumpang yang akan tetap melanjutkan perjalanannya ke Surabaya dan ke Jakarta.

Sebagai pengelola terminal penumpang Pelabuhan Makassar, Pelindo akan memberikan jaminan kebersihan dan ketersediaan kebutuhan para penumpang seperti ruang untuk ibu menyusui, mushola, toliet yang bersih, dan pendingan ruangan atau AC, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpang.

"Semoga ini bisa tertangani dengan baik sehingga meskipun tertunda keberangkatannya, mereka tetap bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat," kata Azis.

Baca Juga: KM Umsini Kebakaran di Pelabuhan Makassar, 1677 Penumpang Selamat

3. Aktivitas keluar masuk kapal tidak terganggu

KM Umsini Terbakar, Pelabuhan Makassar Tetap Beroperasi dan AmanTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Sementara itu, General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin, mengatakan insiden kebakaran KM Umsini yang terjadi tadi pagi juga tidak mengganggu aktivitas keluar masuk kapal di Pelabuhan Makassar.

Berdasarkan informasi dari PT Pelni, ada kurang lebih 400 orang penumpang yang akan menuju Surabaya. Sementara 1.000 orang menunggu karena mereka akan lanjut ke Jakarta dan ke Kijang. Mereka ditampung di terminal penumpang.

"Sampai saat ini Alhamdulillah terminal penumpang di Pelabuhan Makassar masih aman-aman saja. Konsekuensi (akibat insiden ini) pasti ada, tapi kami upayakan seminimal mungkin," kata Iwan.

Baca Juga: Kronologi Kebakaran KM Umsini Angkut 1677 Penumpang di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya